Advertisement

CURCULIONIDAE
Suatu suku kumbang yang memiliki moncong {rostrum) panjang. Kelompok ini mempunyai banyak anggota, lebih kurang 70.000 jenis, tersebar di seluruh dunia. Bentuk, ukuran, dan warnanya pada usia dewasa beragam. Beberapa di antara kelompok ini mempunyai sayap depan yang berat dan kuat. Moncong kumbang betina lebih panjang daripada moncong kumbang jantan. Moncong ini digunakan untuk menggerek lubang dan mengisap cairan tumbuhan. Antenanya menyiku dan bagian ujungnya berbentuk seperti pentungan.

Telurnya oval, berwarna putih kekuningan. Telur tersebut diletakkan oleh kumbang betina di dalam liang gereknya. Larvanya menyerupai larva lalat. Bentuknya oval, gemuk, dan tidak bertungkai. Larva tersebut hidup di dalam jaringan tumbuhan.

Advertisement

Banyak kumbang moncong menjadi hama yang secara ekonomi sangat merugikan pertanian, antara lain kumbang moncong beras yang menyebabkan kerusakan butir beras di gudang, kumbang moncong ubi yang menyebabkan ubi menjadi rusak dan pahit, kumbang moncong sagu yang jenis dewasanya merusakkan pucuk kelapa atau sagu, dan kumbang moncong pisang, yang larva dan kumbang dewasanya hidup di dalam batang pisang.
Klasifikasi Ilmiah. Suku Curculionidae termasuk bangsa Coleoptera. Kumbang moncong beras adalah Sitophilus granarius; kumbang moncong ubi Rhynchophorus ferrugineus; dan kumbang moncong pisang Odoiporus longicollis.

Incoming search terms:

  • arti bertungkai
  • apa itu cupak damar
  • arti culculionidae

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti bertungkai
  • apa itu cupak damar
  • arti culculionidae