Advertisement

CURIK BALI
Burung yang memiliki punggung atas paruh berupa garis lurus “kelanjutan dari permukaan dahi. Sebagian besar bulunya berwarna putih, kecuali ujung sayap dan ujung ekor yang berwarna hitam. Bagian yang tidak berbulu di sekitar mata berwarna biru. Tanda ini dapat dipakai untuk membedakan marga Curik dari marga lain yang sesuku. Bentuk tubuh dan warna bulu burung jantan dan betina sama. Ukuran tubuhnya 240—250 milimeter.

Paruhnya yang runcing dan kuat berguna untuk mematuk makanan. Kakinya berwarna abu-abu. Iris matanya berwarna cokelat. Bulu di bagian atas kepalanya agak panjang ke belakang. Pakannya berupa serangga dan buah-buahan. Curik bali hidup dalam kelompok-kelompok kecil.

Advertisement

Biasanya, pada musim berkembang biak, burung-burung tersebut selalu berpasangan; burung jantan sering bernyanyi serta menari dengan mempertunjukkan keindahan bulunya kepada sang betina. Jenis ini bersarang pada lubang pohon yang tinggi dan besar.

Curik bali, yang secara alami hanya terdapat di Pulau Bali, diperkirakan hampir punah karena daya dukung lingkungannya yang rendah. Hal ini diakibatkan oleh ketidaktentuan status serta pemanfaatan Suaka Alam Bali Barat selama beberapa puluh tahun

Incoming search terms:

  • pengertian curik

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian curik