Advertisement

CUSCUTA
Suatu jenis tumbuhan parasit. Tumbuhan yang tidak berdaun dan batangnya lemas ini tumbuh tidak beraturan hingga mirip benang kusut. Biasanya tumbuhan ini berwarna kuning atau jingga. Perbungaannya berupa malai kecil. Bunganya yang berbentuk tabung dan umumnya berwarna putih menghasilkan biji yang halus dan mampu berkecambah setelah lima tahun masa dorman. Sepotong batangnya pun bila tertanam dapat menjadi tumbuhan baru. Cuscuta menyerang beraneka ragam jenis tumbuhan hijau. Pernah dilaporkan satu jenis cuscuta yang telah menyerang 131 jenis tumbuhan berbeda.

Biji cuscuta berkecambah di tanah dan menghasilkan akar yang pendek guna mendukung batang. Batangnya tumbuh memanjang dan membentuk spiral hingga menemukan tumbuhan inangnya. Setelah kedudukannya kuat berkat lilitannya melingkari inang, pada cuscuta tumbuh semacam akar yang disebut haustoria. Melalui haustoria ini, air dan makanan dari jaringan tanaman inang diserapnya. Sementara itu, akar cuscuta yang ada di tanah akan mati dan layu, dan cuscuta benar-benar menggantungkan hidupnya pada tanaman inang. Cuscuta dapat menyebabkan lemah dan menghitamnya tanaman inang. Percabangannya yang panjang dapat pula menyerang tumbuhan yang ada di dekat tumbuhan inang.

Advertisement

Klasifikasi Ilmiah. Cuscuta termasuk suku Cuscutaceae. Terdapat sekitar 150 jenis yang dikelompokkan dalam marga Cuscuta.

Incoming search terms:

  • akar cuscuta
  • Taksonomi suku cuscutaceae

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • akar cuscuta
  • Taksonomi suku cuscutaceae