Advertisement

PENGERTIAN DAN CARA MENGOBATI KURA – Suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Jamur ini hidup di permukaan kulit, dan dapat merusak jaringan tanduk baik pada kulit, rambut, maupun kuku, hampir di semua bagian tubuh. Dalam bidang kedokteran, kurap disebut tinea atau ring­worm, karena bentuk kelainan kulitnya umumnya bundar.

Bergantung pada bagian tuBWi yang diserang, anta­ra lain dikenal tinea capitis, yang disebabkan oleh Microsporon audouini dan menyerang kulit kepala; tinea pedis, yang disebabkan oleh jamur jenis Tricho­phyton dan menyerang kulit kaki; serta tinea barbae, yang mengenai kulit dan rambut di daerah dagu. Tinea capitis sering terjadi pada anak-anak, dan sangat mu­dah menular.

Advertisement

Tinea pedis sering ditemukan, dan lebih dikenal se­bagai penyakit kutu air. Kelainan kulit biasanya ber­bentuk bundar atau menyerupai cincin, kemerahan, kering-bersisik atau basah, dan mungkin membentuk gelembung-gelembung kecil, bergantung pada jenis jamur dan bagian tubuh yang terkena. Penyakit ini menimbulkan rasa panas dan gatal.

Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung atau melalui bahan yang dipakai bersama-sama, misalnya handuk, sisir, dan baju. Kadang-kadang pe­nularan terjadi melalui hewan. Kebersihan diri juga berpengaruh terhadap kemungkinan terkena kurap, misalnya keringat yang berlebihan dan tidak cepat di­bersihkan akan memudahkan terjadinya penyakit ini.

Kurap diobati dengan salep antijamur. Daerah yang terkena perlu dijaga agar tetap kering dan bersih. Bila pengobatan lokal tidak berhasil, biasanya perlu dibe­rikan obat oral antijamur.

Incoming search terms:

  • pengertian kurap

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kurap