Advertisement

PENGERTIAN DAN CARA MENYEMBUHKAN LEUKEMIA – Adalah sekelompok penyakit yang di­tandai oleh pembelahan sel darah putih (leukosit) se­cara tidak normal dan tidak terkendali. Jumlah sel da­rah putih di dalam badannya dapat meningkat tinggi sekali, tetapi dapat juga normal. Hal ini disebabkan oleh kanker yang menyerang jaringan sumsum tulang, limpa, dan kelenjar getah bening yang menghasilkan leukosit.

Penyakit ini dapat bersifat akut atau kronis. Baik bentuk akut maupun kronis terbagi dalam berbagai macam, yang ditentukan oleh jenis sel darah putih yang terserang. Salah satu bentuk leukemia akut me­nyebabkan timbulnya leukosit yang besar, tidak mengalami pematangan sempurna, dan tidak berfung­si. Leukosit ini mampu menghancurkan sel darah me­rah dan sel pembeku darah. Akibatnya penderita mengalami anemia dan gangguan dalam proses pem­bekuan darah.

Advertisement

Penyebab langsung penyakit ini belum diketahui secara jelas. Namun, beberapa hal diketahui sebagai faktor penyebab, misalnya: pemaparan terhadap ra­diasi secara berlebihan, pemaparan terhadap zat kimia dalam waktu yang cukup lama, dan riwayat penyakit pada keluarga. Beberapa jenis obat antikanker juga diduga dapat menjadi faktor penyebab timbulnya leu­kemia.

Penyakit ini diobati dengan transfusi darah, obat antikanker, dan kortikosteroid. Sekitar 50 persen pen­derita anak dapat disembuhkan. Ini suatu kemajuan besar dalam bidang kedokteran karena dulu semua penderita leukefhia akan mati. Dewasa ini dikem­bangkan transplantasi sumsum tulang untuk meng­gantikan sumsum tulang yang terserang kanker.

Advertisement