Advertisement

PENGERTIAN DAN CARA PENGOBATAN KUSTA – Atau lepra, suatu jenis penyakit infeksi me­nahun yang menyerang saraf, kulit manusia, dan ka­dang mata, selaput lendir hidung, otot, tulang, dan buah zakar. Penyakit kusta disebabkan oleh kuman Mycobacterium leprae, yang ditemukan pertama kali oleh Armauer Hansen pada tahun 1873 di Norwegia. Sejak itu penyakit kusta disebut penyakit Hansen atau Morbus Hansen.

Kuman kusta berbentuk batang halus dengan pan­jang 2-7 mikrometer, dan lebar 0,3 – 0,4 mikrometer (1 mikrometer = 0,001 milimeter). Kuman ini mudah dilihat di bawah mikroskop apabila dipulas dengan pulasan tahan asam seperti Ziehl-Neelsen. Ada yang berbentuk utuh, dianggap kuman hidup, dan ada yang terputus-putus, dan dianggap kuman mati. Kuman kusta belum dapat dikembangbiakkan pada perbeni­han buatan ‘di laboratorium. Dengan demikian, kuman ini tidak memenuhi postulat Koch. Pembiakan seka­rang dilakukan pada mencit atau armadillo (Dasypus novemcintus). Cara pembiakan kuman pada mencit diperkenalkan oleh Shepard pada tahun 1960, dengan melakukan penyuntikan suspensi kuman pada telapak kaki mencit. Kuman ini tumbuh secara lambat, de­ngan waktu pembelahan rata-rata 18-42 hari. Penu­laran dianggap melalui kulit atau saluran napas bagi­an atas.Penyakit kusta telah dikenal sejak lama. Catatan-catatan mengenai penyakit ini, yang ditemu­kan di India, ditulis pada tahun 600 sebelum Masehi. Bukti yang jelas tentang penyakit ini dapat dilihat pa­da mummi Koptik pada abad ke-5. Dewasa ini penya­kit kusta banyak terdapat di Benua Afrika, Asia, Ame­rika Tengah dan Selatan.

Advertisement

Pada jaman dahulu, tempat perawatan penyakit ini dipisahkan dari penyakit lainnya, karena para pende­ritanya dan perawatnya ditolak oleh masyarakat. Pada waktu itu, masyarakat merasa takut pada penyakit i-ni karena cacat yang ditimbulkannya dianggap sebagai hukuman Tuhan.

Penyakit kusta terdapat dalam bermacam-macam bentuk. Bentuk Leproma mempunyai kelainan kulit yang tersebar secara simetris pada tubuh. Bentuk ini menular karena kelainan kulitnya mengandung ba­nyak kuman. Bentuk Tuberkuloid mempunyai kelain­an utama pada jaringan saraf, yang mengakibatkan ca­cat pada tubuh. Bentuk ini tidak menular karena kelainan kulitnya mengandung sedikit kuman. Di an­tara bentuk Leproma dan Tuberkuloid ada bentuk pe­ralihan yang bersifat tidak stabil dan mudah berubah- ubah.

Adanya bermacam-macam bentuk ini disebabkan oleh berbagai macam tingkat kekebalan penderita.

Keadaan imunologis ini ditentukan oleh ada tidakny ‘ imunitas selular. Apabila imunitas selular penderitanya rendah, terjadi bentuk Leproma, sedangkan pada imunitas selular yang tinggi akan timbul bentuk Tu. berkuloid.

Penyakit ini ditularkan melalui kontak erat dari ky. lit ke kulit dalam waktu yang cukup lama. Namun ada dugaan bahwa penyakit ini juga dapat ditularkan me. lalui udara pernapasan dari penderita yang selaput hidungnya terkena. Tidak semua orang yang berkon. tak dengan kuman penyebab akan menderita penyakit kusta. Hanya sedikit saja yang kemudian tertulari, se­mentara yang lain mempunyai kekebalan alami. Masa inkubasi penyakit ini dapat sampai belasan tahun. Ge­jala awal penyakit ini biasanya berupa kelainan kulit seperti panau, yang disertai hilangnya rasa raba pada kelainan kulit tersebut.

Hilangnya reaksi terhadap rangsang sensoris ini di- sebabkan oleh serangan kuman pada sistem saraf tepi Penderita juga tidak dapat menerima rangsang panas, sehingga mudah terjadi luka bakar pada bagian tubuh yang terkena penyakit. Lama-kelamaan sistem saraf motorik juga terserang, sehingga terjadi kelumpuhan otot-otot dan kelainan bentuk anggota tubuh, yang khas untuk penderita kusta. Misalnya, kelumpuhan otot wajah dapat menyebabkan mata penderita tidak dapat ditutup, sedangkan kelumpuhan otot tangan menyebabkan tangan penderita tampak seperti hen­dak mencakar.

Pengobatan kusta adalah dengan obat-obat DDS (Diamino Diphenyl Sulfone), Clofazimine, atau Ri- fampisin secara sendiri-sendiri atau bersama-sama. Pengobatan juga meliputi perbaikan cacat yang mungkin timbul, melalui tindakan operasi dan latihan keterampilan.

Advertisement