Advertisement

Merupakan organ khusus yang berfungsi sebagai tempat membuat makanan, penguapan (transpirasi), dan pertukaran gas. Permukaan yang tipis dan lebar memudahkan terjadinya pertukaran gas O 2 dan CO 2 dalam rangka fotosintesis maupun proses penguapan air. Daun yang lengkap terdiri atas helai daun {lamina), tangkai daun {petiola), pangkal tangkai daun, dan daun penumpu {stipUla).

Jika helai daun dipotong melintang dan diamati dari permukaan atas ke bawah dengan mikroskop, akan tampak bahwa helai daun terdiri atas berbagai jaringan dengan sel-sel yang mempunyai bentuk khusus. Pada bagian luar atas, helai daun diliputi oleh jaringan yang terdiri atas selapis sel yang mempunyai dinding tebal di sebelah luarnya, karena adanya lapisan kutikula. Kutikula ini terdiri atas zat kutin, yaitu campuran lemak, lilin, dan minyak. Lapisan ini mencegah penguapan air yang berlebihan, dan melindungi jaringan di bawahnya terhadap infeksi maupun terhadap pengaruh mekanis, misalnya benturan dll. Di antara sel-sel epidermis ditemukan sejumlah celah yang merupakan mulut daun {stoma,
Stoma dibentirk-eleh dua buah sel penutup atau sel penjaga, dan terdapat baik pada epidermis bagian atas maupun bagian bawah daun. Tetapi jumlah stoma pada epidermis bagian bawah lebih banyak daripada banian atas daun. Melalui stoma itulah sebagian besar gas keluar-masuk daun. Sel penjaga ukurannya lebih kecil daripada sel epidermis. Sel yang mengandung kloroplas ini mempunyai satu keistimewaan, yaitu mudah mengerut atau membesar dalam waktu yang singkat, sehingga besar stoma dapat diatur. Sel epidermis tidak mengandung kloroplas, karena itu tampak tembus pandang. Jadi warna hijau pada daun sebenarnya terdapat pada lapisan di bawah epidermis, yaitu pada jaringan mesofil. jaringan mesofil terdiri atas jaringan klorenkim pa-lisade (lapisan pagar), jaringan klorenkim spons (lapisan bunga karang), dan jaringan penunjang tulang daun. Lapisan pagar umumnya hanya terdiri atas selapis sel, yaitu di permukaan atas helai daun. Namun ada juga tumbuhan yang mempunyai dua lapisan pagar di kedua permukaan helai daunnya. Misalnya, pada daun yang mendapat cahaya sangat banyak atau pada tanaman yang letak daunnya memungkinkan kedua permukaan helai daunnya sama-sama mendapat sinar. Di antara sel-sel penyusun daun, sel-sel pada lapisan pagarlah yang mempunyai kloroplas paling banyak, dan dengan demikian juga mempunyai klorofil paling banyak. Lapisan pagar yang terdiri atas sel-sel berbentuk batang atau tiang dan tegak lurus terhadap permukaan daun ini tersusun sangat rapat. Meskipun demikian, masih ada celah antarsel yang memungkinkan pertukaran gas. Selain itu, lapisan pagar merupakan pusat pembuat makanan terbesar pada tumbuhan hijau.

Advertisement

Di bawah lapisan pagar terdapat lapisan bunga karang. Lapisan ini tersusun atas sel-sel yang letaknya tidak beraturan, dan membentuk ruangan-ruangan seperti spons atau bunga karang. Sel-sel pada lapisan ini mengandung kloroplas lebih sedikit dibandingkan dengan sel-sel pada lapisan pagar, sehingga aktivitas pembentukan makanan pada lapisan ini lebih sedikit. Walaupun demikian, lapisan ini mempunyai peranan penting untuk aliran udara, supaya pertukaran gas antara stomata permukaan bawah maupun atas daun dapat berlangsung cepat dan lancar.

Jaringan penyusun tulang daun terdapat di antara lapisan pagar dan lapisan bunga karang. Tulang daun terdiri atas floem, xilem, dan parenkim. Kecuali berfungsi sebagai penguat daun, jaringan tulang daun mempunyai peranan penting sebagai penyalur zat yang terlarut. Xilem (sering disebut bagian kayu) berfungsi menyalurkan air dan zat-zat yang terlarut dari satu bagian ke bagian lain dalam helaian daun, sedangkan floem berfungsi utama menyalurkan makanan.

Daun penumpu {stipula) biasanya merupakan dua lembar daun kecil yang terdapat pada kirLlcanan pangkal tangkai daun. Fungsi utama daun penumpu adalah melindungi kuncup yang masih kecil. Namun pada beberapa jenis tanaman, daun penumpu mengalami pelebaran hingga dapat berfungsi dalam memproduksi makanan. Pada beberapa jenis tanaman lain, kedua lembar daun penumpu bergabung membentuk suatu lembaran tipis mengelilingi batang. Ada pula daun penumpu yang hanya terbentuk sebentar, kemudian gugur. Bahkan ada tanaman yang sama sekali tidak membentuk daun penumpu.

Pangkal tangkai daun dihubungkan dengan batang oleh jaringan absisi. Setelah daun mencapai umur tertentu, dinding sel pangkal daun mengalami modifikasi, sehingga daun akan gugur. Sebelum daun gugur, pada absisi dibentuk lapisan gabus, yang dapat mencegah penguapan air secara berlebihan pada luka yang terbentuk sewaktu daun gugur. Daun yang telah tua berubah warna, karena warna hijau klorofilnya berkurang dan diganti oleh warna kuning xantofil atau karotena.

Berdasarkan susunan daun pada tangkai daun, terdapat dua jenis daun, yaitu daun tunggal dan daun majemuk. Jika pada satu tangkai daun terdapat satu daun, orang menyebutnya daun tunggal. Bila dalam satu tangkai daun ada beberapa helai daun, orang menamakannya daun majemuk. Menurut bentuknya, daun dapat berbentuk jarum, berbentuk linear, oval, bundar, dll. Dilihat dari pinggiran daun, ada daun yang bergerigi, bergerigi dalam, dan tidak bergerigi atau mempunyai permukaan pinggiran rata. Berdasarkan posisi daun pada batang, ada batang yang hanya mempunyai satu daun dalam satu lingkaran batang, ada yang mempunyai dua, bahkan ada yang mempunyai banyak daun. Pada beberapa jenis tanaman posisi daunnya berbentuk spiral pada batang, sehingga dalam satu lingkaran penuh mungkin terdapat satu daun, dua daun, dsb.

Kegunaan Daun untuk Manusia. Pentingnya daun untuk manusia telah disadari sejak berabad-abad yang lalu. Makhluk heterotrof, yaitu semua makhluk hidup yang tidak bisa mengubah zat anorganik menjadi makanan, termasuk manusia, hidupnya sangat bergantung kepada tumbuhan hijau. Sebagai contoh, beras yang merupakan makanan pokok orang Indonesia, kentang dan gandum untuk orang Barat, buah- buahan dan sayuran, yang merupakan sumber mineral dan vitamin bagi manusia, semuanya dihasilkan oleh tanaman yang berdaun hijau.

Daun merupakan salah satu mata rantai makanan yang harus ada supaya kehidupan di suatu ekosistem tertentu dapat berlangsung terus. Rumput dimakan oleh rusa, dan rusa dimakan harimau; daun dimakan oleh ternak dan ternak dimakan manusia, dsb. Hal lain yang kadang-kadang dilupakan, tetapi sebenarnya merupakan hal yang sangat penting, ialah fungsi daun sebagai pengatur keseimbangan gas O 2 dan CO2 di bumi. Hanya butir-butir klorofil yang terdapat dalam daunlah yang mempunyai kemampuan menghasilkan O2, dalam proses fotosintesis. Selain itu, pada proses fotosintesis, CO 2 yang dikeluarkan ketika makhluk hidup bernapas, dan dapat meng-ganggu kesehatan jika konsentrasinya terlalu tinggi, diambil oleh klorofil dan diubah menjadi makanan (karbohidrat). Tanpa proses fotosintesis, mungkin dunia ini telah lama tidak dapat dihuni oleh Homo sapiens atau manusia bijaksana yang kadang-kadang bertindak, kurang bijaksana, misalnya dengan menebang hutan secara tak semena-mena.

Kecuali sebagai sumber makanan, daun juga dapat digunakan sebagai obat atau ramuan obat, terutama dalam pengobatan tradisional. Selain itu, daun juga dipakai sebagai minuman (daun teh), sebagai sumber serat alam (daun nanas), bahan penyamak kulit (daun gambir), dll. Daun tembakau sebagai bahan rokok, walaupun tidak baik bagi kesehatan, mempunyai arti ekonomis yang penting bagi beberapa negara, termasuk Indonesia. Bagi Indonesia tembakau merupakan sumber devisa maupun sumber cukai yang penting.

Incoming search terms:

  • pengertian daun
  • definisi daun
  • arti helaian daun
  • fungsi stipula
  • bagian daun yang memiliki paling banyak butir butir kloroplas adalah
  • pengertian dan fungsi daun
  • pengertian pangkal daun
  • Pengertian Daun dan fungsinya
  • fungsi penumpu
  • fungsi daun penumpu

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian daun
  • definisi daun
  • arti helaian daun
  • fungsi stipula
  • bagian daun yang memiliki paling banyak butir butir kloroplas adalah
  • pengertian dan fungsi daun
  • pengertian pangkal daun
  • Pengertian Daun dan fungsinya
  • fungsi penumpu
  • fungsi daun penumpu