Advertisement

Suatu aliran atau paham yang mengikuti teori Charles Darwin (1809-1882), seorang ahli ilmu alam Inggris. Paham tersebut dituangkan Dar. win dalam buku The Origin of Species yang ber teori mengenai seleksi alam. Teori itu mencoba menjelaskan hubungan antara jenis-jenis yang ada di dunia, baik jenis yang masih hidup maupun yang sudah menjadi fosil. Teori utama yang menjadi dasar aliran darwinisme ialah teori evolusi, yakni keyakinan bahwa jenis (spesies) yang sekarang ada sebenarnya secara bertahap berasal dari jenis-jenis yang bentuknya berbeda pada masa silam. Penjelasan tentang ini berpegang pada empat hal pokok. Pertama, baik dalam sifat maupun ciri, setiap anggota suatu jenis menunjukkan variasi yang kebetulan. Kedua, setiap organisasi menghasilkan sel pengembang biak yang berjumlah lebih besar daripada keturunan yang masih hidup. Ketiga, jumlah anggota suatu jenis kurang lebih tetap. Dan keempat, dalam proses perjuangan hidup banyak anggota keturunan yang gugur.
Dari pemikiran dasar itu disimpulkan hal berikut. Pertama, dalam perjuangan mempertahankan hidup, beberapa jenis secara kebetulan akan mempunyai kemungkinan hidup yang lebih besar daripada yang lain. Kedua, berkat sifat keturunan, turunannya akan mirip dengan yang menurunkan. Ketiga, penyesuaian diri itu menyebabkan waktu hidup semakin panjang. Tambahan penjelasan mengenai masalah ini ditulis Darwin dalam bukunya yang lain The Descent of Man, yang mengutamakan pengamatan dan penyimpulan tentang etika. Juga dijelaskan bahwa mahkluk yang lebih tinggi dianggap berasal dari makhluk yang lebih rendah sehingga akhirnya semua makhluk hidup dapat dikembalikan pada bentuk asalnya.

Walaupun Darwinisme berpegang pada teori evolusinya, masih muncul beberapa keraguan karena terdapat banyak jenis binatang dan tumbuhan yang sudah punah sama sekali tanpa meninggalkan jejak. Akibatnya, hubungan antarjenis dalam teori evolusinya menjadi tidak sempurna dan kurang meyakinkan.

Advertisement

Incoming search terms:

  • aliran lukisan darwinisme
  • paham darwinisme

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • aliran lukisan darwinisme
  • paham darwinisme