Advertisement

Suatu keadaan atau hal yang dapat menyebabkan seseorang tidak dipidana, sekalipun telah melakukan suatu tindak pidana. Dasar penghapusan pidana ini dapat berada di bidang hukum pidana dan digolongkan atas dasar pemaaf (schulduitsluitingsgrond, fait d’excuse) dan dasar pembenar (rechtsvaardigingsgrond, fait de justification).

Dalam keadaan dasar pemaaf, perbuatan yang dilakukan oleh orang yang bersangkutan tetap merupakan perbuatan yang melawan hukum tetapi yang bersangkutan dimaafkan dan tidak dihukum. Dalam keadaan dasar pembenar, suatu perbuatan tidak dianggap sebagai perbuatan yang melawan hukum, walaupun sebenarnya merupakan perbuatan melawan hukum, karena ada alasan pembenarannya.

Advertisement

Sebagai contoh: perbuatan (pidana) seseorang yang tidak dapat dipertanggungjawabkan Karen ia sakit ingatan atau terbelakang mental. Keadaan .sakit ini merupakan dasar penghapus pidana. Demikian juga bila seseorang terpaksa melakukan tindak pidana karena mendapat ancaman atau serangan terhadap dirinya atau keluarga dekat yang dicintainya. Keadaan penghapus pidana semacam ini disebut pembelaan terpaksa. Kemungkinan lain, seseorang melakukan tindak pidana karena tidak dapat mengelakkan paksaan, tekanan, ancaman, yang ditujukan terhadap dirinya. Keadaan semacam ini disebut daya paksa (overmacht). Dasar penghapus pidana juga diberlakukan bagi orang yang melakukan tindak pidana atas perintah atasan yang berwenang atau melaksanakan undang-undang, misalnya polisi menembak buronan yang telah diperingatkan.

Dasar penghapusan pidana dapat pula berada di luar Kitab Undang-undang Hukum Pidana, misalnya kemenangan mendidik (tuchtrecht) seorang guru yang menahan muridnya di kelas sebagai hukuman, dan kemenangan profesi seorang dokter yang melakukan pengguguran kandungan untuk menyelamatkan ibu. Bentuk lain daya paksa ialah keadaan darurat (nood- toestand). Hal ini terjadi bila ada konflik antara dua kepentingan umum atau dua kewajiban umum. Misalnya kepentingan umum mengharuskan seseorang menolong orang yang dalam bahaya. Namun, apabila dirinya sendiri dalam keadaan bahaya, sehingga tidak mampu menolong orang lain, maka ia dapat dimaafkan bila mengakibatkan orang lain tersebut meninggal.

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud pengghapusan pidana
  • pengertian schulduitsluitingsgrond
  • penghapusan pidana

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud pengghapusan pidana
  • pengertian schulduitsluitingsgrond
  • penghapusan pidana