Advertisement

Terjadi pada komponen mineral logam merkurium, dalam bentuk HgCh, HgO, HgS, dan HgS04. Dimetil merkurium sangat beracun bagi jasad hidup seperti ikan, burung, dan mamalia yang menerima dosis berlebihan. Senyawa dimetil merku¬rium merusak semua jaringan tubuh termasuk otak. Sebagai logam, merkurium mencair pada suhu kamar.

Merkurium mempunyai waktu penyimpanan yang panjang. Pemaparan terus-menerus dapat mengakibatkan timbulnya gejala-gejala neurologik, seperti gejala penyakit gila. Senyawa merkurium seperti HgS dan HgCl: berakumulasi dalam tubuh manusia dalam ginjal, hati, dan otak; ada beberapa bukti bahwa merkurium dapat menyebabkan kerusakan genetik.
Jika merkurium tercuci ke dalam air, logam itu akan mengendap sebagai merkuri sulfida (HgS) dalam kondisi anaerobik. Jika oksigen tersedia, merkuri sulfida ini akan dikonversikan oleh mikroorganisme menjadi merkuri sulfat dan senyawa-senyawa metil merkuri yang melarut langsung ke dalam air.

Advertisement

Banyak senyawa merkurium yang digunakan dalam industri (pabrik kertas, pabrik soda) atau merupakan produk, seperti baterai, fungisida, dan termometer raksa. Akhirnya senyawa merkurium ini akan terbuang ke perairan.
Tahun 1953-1960, merkurium mulai menjadi perhatian ketika terjadi kecelakaan Minamata, di Jepang; 111 orang mati atau cedera berat akibat makan ikan yang telah tercemar. Tahun 1970, perhatian menghangat kembali ketika ditemukan merkurium dalam konsentrasi tinggi dalam ikan air tawar di Danau Erie, Amerika Utara.

Incoming search terms:

  • pengertian merkuri

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian merkuri