Advertisement

Mengandung arti pengakuan terhadap negara atau pemerintahan baru atau terhadap pihak berperang atau pemberontak. Pengakuan de fakto adalah suatu tindakan diplomatik secara sepihak dari suatu negara atau beberapa negara atas negara, pemerintah, pihak berperang, pemberontak, atau atas perubahan wilayah. Maksud diadakannya pengakuan ini adalah agar ada hubungan antara yang mengakui dan yang diakui. Pengakuan sebagaimana tampak dalam praktik lebih merupakan persoalan politik da nada persoalan hukum. Maksud pengakuan ini adalah agar ada hubungan antara negara yang mengakui dan yang diakui. Namun dapat dimengerti bahwa suatu negara memang sudah berdiri walaupun tidak diakui oleh negara lain. Pengakuan ini berarti bahwa, menurut pendapat negara yang mengakui, negara yang diakui telah memiliki syarat-syarat kenegaraan sebagaimana ditentukan pada Konvensi Montevideo 1953, yaitu: (1) memiliki penduduk tetap; (2) memiliki wilayah tertentu; (3) memiliki pemerintah yang berdapat atas wilayah dan penduduk yang tinggal di wilayah tersebut; (4) memiliki kemampuan mengadakan hubungan dengan negara lain.

Pengakuan atas Pemerintahan. Pengakuan atas pemerintahan berarti bahwa pemerintah yang diakui berhak mewakili negara yang sudah ada. Pengakuan ini dapat dinyatakan dengan tegas, yaitu dengan pernyataan formal berupa nota diplomatik, pernyataan DPR atau perjanjian. Mungkin juga pengakuan ini diberikan secara diam-diam, yaitu bila negara yang mengakui sudah mengadakan hubungan dengan negara atau pemerintah yang diakui.
Pengakuan de fakto tidak diberikan bila pihak yang mengakui menganggap bahwa negara atau pemerintah yang diakui masih belum terjamin kelangsungan hidupnya. Biasanya pengakuan de fakto kepada suatu negara diberikan bila: (1) ada harapan bahwa negara yang diakui akan tetap ada; (2) pemerintah mendapat dukungan umum dari rakyat; (3) telah dapat dibuktikan pada masyarakat internasional bahwa negara tersebut sanggup memenuhi kewajiban internasional.

Advertisement

Incoming search terms:

  • apa yang di maksud dengan De fakto
  • fakto adalah
  • pengertian de fakto

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa yang di maksud dengan De fakto
  • fakto adalah
  • pengertian de fakto