PENGERTIAN DEMENSIA FRONTAL SUBHORTIKAL – Demensia tipe ini memengaruhi sirkuit dalam otak yang menjulur dari daerah subkortikal ke korteks. Karena daerah otak subkortikal berperan dalam pengendalian gerakan motorik, kognisi dan aktivitas motorik terpengaruh. Tipe-tipe demensia frontal subkortikal mencakup berikut ini:

• Korea Huntington disebabkan oleh gen dominan tunggal yang berlokasi di kromosom 4 dan didiagnosis terutama oleh neurologis berdasarkan uji genetik. Ciri behavioral utamanya adalah adanya gerakan meliuk (bentuk korei). Mungkin orang yang paling dikenal di antara para penderita penyakit ini adalah penulis dan penyanyi lagu rakyat Woody Guthrie.

• Penyakit Parkinson ditandai dengan tremor otot, kekakuan otot, dan akinesia (ketidakmampuan untuk melakukan gerakan), dan dapat mengarah ke demensia. Muhammad Ali dan Michael J. Fox menderita penyakit Parkinson.

• Hidrosefalus tekanan normal, suatu hendaya dalam sirkulasi cairan serebrospinal yang membuat cairan tersebut terakumulasi dalam rongga otak (“air di dalam otak”), juga dapat menyebabkan demensia frontal subkortikal. Terjadi tekanan dan menimbulkan demensia serta kesulitan untuk berdiri dan berjalan. Kondisi tersebut dapat dipulihkan dengan operasi untuk mengembalikan sirkulasi normal cairan serebrospinal.

• Demensia vaskular. Ini merupakan tipe paling umum kedua setelah penyakit Alzheimer. Tipe ini didiagnosis bila seorang pasien yang menderita demensia menunjukkan gejala-gejala neurologis seperti kelemahan pada satu lengan atau refleksrefleks abnormal atau bila pemindaian otak membuktikan adanya penyakit serebrovaskular. Yang paling sering terjadi, pasien mengalami serangkaian stroke di mana terjadi suatu penebalan, yang melemahkan sirkulasi dan menyebabkan kematian sel. Faktor-faktor genetik tampaknya tidak penting dalam tipe ini, dan risiko mengalami demensia vaskular meningkat bila terdapat faktor risiko yang sama bagi penyakit kardiovaskular pada umumnya—contohnya, kadar kolestorel “jahat” (LDL) yang tinggi.

Filed under : Bikers Pintar,