Advertisement

Suara yang dihasilkan oleh benda terbang, misalnya pesawat terbang, di udara dengan kecepatan atau melebihi kecepatan bunyi dalam udara itu. Dentuman ini dihasilkan terus-menerus selama pesawat itu terbang dengan kecepatan tersebut. Jadi dentuman itu bukan hanya terjadi pada saat kecepatan pesawat itu menyamai kecepatan bunyi untuk kemudian melebihi.

Pesawat dengan kecepatan sebesar itu akan menghasilkan gelombang keiut dari udara mampat. Gelombang ini sampai ke telinga pendengar sebagai dentuman mirip halilintar. Memang suara guntur juga dihasilkan oleh gelombang kejut yang terjadi ketika udara mengisi kembali ruang yang menjadi hampa sekejap ketika petir menyambar.

Advertisement

Selagi pesawat itu terbang lurus ke depan, gelombang tekanan dimampatkannya menjadi suatu front kejut yang menyebar menjauhi (sebenarnya dijauhi oleh) pesawat dalam bentuk kerucut. Kerucut ini akan berpotongan dengan permukaan ranah. Bila tanah itu datar, perpotongan itu akan berbentuk parabola. Den tuman akan terdengar pada tiap titik pada parabola Intensitas dentuman, atau lebih tepat tekanan-lebih berkurang dengan makin jauhnya si pendengar dari titik asal dentuman. Namun berkurangnya intensitas itu tidak secepat berkurangnya intensitas bunyi biasa Tekanan-lebih ini tidak terlalu dipengaruhi oleh lajy pesawat, namun ukuran, bentuk dan bobot pesawat akan banyak berpengaruh.

Dentuman sonik ini pada umumnya tidak menim, bulkan kerusakan pada bangunan (terutama kaca) asal besarnya tidak melebihi 7,5 kilogram per meter persegi. Efek yang lebih dirisaukan adalah efek psikologis, terutama bila pesawat itu melintasi daerah yang padat penduduknya. Pesawat supersonik sering diizinkan berkecepatan melebihi bunyi hanya bila telah terbang cukup tinggi. Namun akan timbul problem lain. Gas nitrogen dioksida yang terkandung dalam gas buangnya dikhawatirkan merusakkan lapisan ozon dalam atmosfer teratas.

Incoming search terms:

  • dentuman sonik

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • dentuman sonik