Advertisement

Suatu tindakan pemerintah yang dengan sengaja menurunkan nilai mata uangnya sendiri terhadap mata uang negara lain. Tindakan ini dilakukan oleh pemerintah apabila terdapat defisit yang terlalu besar dalam neraca pembayaran.

Devaluasi biasanya dilakukan untuk beberapa tujuan, yaitu: (1) mendorong ekspor, karena harga barang ekspor relatif menjadi lebih murah di luar negeri, sehingga dapat bersaing, dan (2) meningkatkan harga barang impor, untuk mengurangi impor, sehingga produksi dalam negeri dapat bersaing. Dengan demikian, dapat diharapkan terjadinya perubahan dalam pola alokasi sumber-sumber daya ekonomi ke arah produksi barang pengganti impor.

Advertisement

Menurut ketentuan IMF, devaluasi lunak di bawah 10 persen tidak memerlukan persetujuan IMF. Hal itu dijalankan untuk sekedar menyesuaikan perubahan-perubahan harga mata uang sendiri, relatif dengan mata uang asing yang memegang peran utama dalam transaksi internasional negara yang bersangkutan. Biasanya devaluasi ringan dijalankan untuk mencegah timbulnya defisit, sedangkan devaluasi drastis dimaksudkan untuk memperbaiki defisit besar yang sudah terjadi.

Incoming search terms:

  • peran devaluasi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • peran devaluasi