Advertisement

PENGERTIAN DEWI INDRADI – Oleh para penggemar wayang di Indonesia sering dipakai sebagai lambang wanita yang serong, materialis dan mengabaikan pendidikan anak- anaknya. Ia adalah istri Resi Gotama, seorang per- tapa yang sakti. Perkawinannya dengan Resi Gotama membuahkan tiga orang anak, yaitu Subali, Sugriwa, dan An j ani.

Setelah mempunyai tiga orang anak itulah Dewi In- dradi mulai menyeleweng dengan Batara Surya. Me­reka sering bertemu tanpa sepengetahuan Resi Go­tama. Sebagai hadiah atas kesempatan berkasih-ka­sihan itu, Indradi menerima hadiah dari Batara Surya berupa Cupu Manik Astagina, sebuah alat yang dapat digunakan untuk melihat keindahan isi dunia. Per­buatan Dewi Indradi yang tercela itu diketahui oleh anaknya, Dewi An j ani. Agar Dewi An j ani ikut men­jaga rahasia Dewi Indradi, pada suatu hari cupu itu diberikannya kepada Anjani. Ia berpesan agar jangan ada orang lain yang tahu perihal cupu itu. Namun Dewi Anjani malahan memamerkannya kepada adik- adiknya. Sesudah melihat keindahan cupu itu, Subali dan Sugriwa menjadi iri. Mereka lalu meminta cupu yang serupa pada ayahnya.

Advertisement

Betapa kaget Resi Gotama sesudah ia tahu bahwa Anjani mendapat mainan cupu yang diketahuinya milik Batara Surya. Ia marah sekali pada Indradi. Segera istrinya itu ditanya, dari siapa cupu itu didapat, dan bagaimana mendapatkannya. Indradi tak berani menjawab pertanyaan itu. Ia diam saja. Hal ini makin membuat marah suaminya, sehingga Resi Gotama akhirnya berkata: “Ditanya kok diam saja, seperti tugu!” Ucapan Gotama ternyata terwujud, dan se­ketika itu juga Dewi Indradi berubah bentuk menjadi tugu.

Tugu itu pun dilemparkan jauh-jauh oleh Resi Gotama. Kelak, tugu itu digunakan oleh Patih Anggada sebagai gada untuk meremukkan kepala Patih Prahasta dari Kerajaan Alengka. Dan saat itulah tugu itu berubah wujud menjadi Dewi Indradi, yang kemu­dian pergi ke kahyangan.

Dewi Indradi, oleh beberapa dalang disebut juga Dewi Windradi. Sesungguhnya semula Dewi Indradi memang seorang bidadari.

Incoming search terms:

  • dewi indardi
  • dewi indradi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • dewi indardi
  • dewi indradi