Advertisement

Bila dikaitkan dengan kata Budha di depannya, berarti ajaran agama Budha. Tetapi, sebenarnya amat sulit menerjemahkan kata itu karena bermakna banyak dan berbeda-beda menurut konteksnya, walaupun tidak berarti tidak ada kaitannya satu sama lain.

Secara mendasar, dharma berarti sesuatu yang menjadi objek pikiran atau batin, entah bersifat fisik atau abstrak, bersyarat atau tidak, berkaitan dengan masa lalu, sekarang maupun mendatang, nyata ataupun khayal. Dalam kaitannya dengan pengertian inilah, dharma sering dihubungkan dengan suatu realitas di alam semesta. Karena hubungannya erat dengan realitas, dharma menampakkan sifat, ciri, atau kualitas yang mencerminkan kebenaran realitas itu. Itu sebabnya, dharma dapat diartikan sebagai kebenaran, realitas, hukum, keteraturan, keterangan atau teori yang berkaitan dengan fenomena di alam semesta atau kenyataan sebenarnya. Inilah aspek penerapan dharma seperti tercantum dalam komentar Digha Nikaya (guna: kualitas atau kebajikan; desana: pembabaran; pariyatti: kitab suci; nijjivata: sesuatu yang tanpa inti). Dalam komentar Dhammasangani, pengertian desana diganti dengan hetu, yang berarti kondisi, sehingga dharma juga mengacu kepada pengetahuan kondisi atau kejadian bersyarat.

Advertisement

Dalam ajaran kebenaran, dharma adalah tata pengetahuan yang membebaskan seperti yang dicanangkan Budha. Ringkasannya dicantumkan dalam Empat Kebenaran Mulia dan merupakan satu dari tiga mes- tika (tiratana, dalam bahasa Sankerta triratna), yang terdiri atas Budha, Dharma, dan Sangha, tempat umat Budha berlindung.

Selain itu, dharma juga menjadi satu di antara 10 objek perenungan (anussati). Dalam hal ini, dharma memiliki banyak sifat baik untuk direnungkan. Sifat baik itu adalah dapat dilihat dengan jelas (sanditthiko), menghasilkan buah (akaliko), mengundang untuk diperiksa dan dibuktikan (ehipassiko), dan membawa kegembiraan dan kebahagiaan (opanayiko).

Incoming search terms:

  • dhammadesana artinya
  • arti dhammadesana
  • arti kata akaliko
  • dhammadesana adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • dhammadesana artinya
  • arti dhammadesana
  • arti kata akaliko
  • dhammadesana adalah