Advertisement

Suatu jenis burung yang kini sudah punah. Fosil yang ada hanyalah berupa dua tengkorak, dua tulang kaki serta sejumlah tulang yang terdapat di beberapa museum di Eropa. Berdasarkan peninggalan tersebut, diduga bahwa dodo, yang mencapai Benua Eropa dari tempat asalnya, telah hidup antara abad ke-16 dan 17.

Walaupun burung ini baru punah beberapa ratus tahun yang lalu, sangat sedikit keterangan yang ter-tinggal mengenainya. Menurut perkiraan, dodo itu mirip kerabat merpati yang tidak bisa terbang di Pulau Mauritius, Samudera Hindia. Burung ini cukup besar, ukurannya sebesar kalkun atau lebih dengan berat sekitar 23 kilogram. Kepalanya besar sekali dan paruhnya menggembung dengan ujung berkait. Tu-buhnya gemuk. Sayapnya sangat pendek. Bulunya yang halus dan keriting berwarna cokelat keabu-abuan hingga putih. Kakinya gemuk dan kuat. Betinanya berukuran lebih kecil dan warna bulunya lebih cerah. Burung ini makan buah, biji-bijian, dan dedaunan. Pada musim berkembang biak, betinanya bertelur satu butir di atas tanah. Telur dierami bersama oleh burung jantan dan betina.

Advertisement

Dodo diduga menghilang dari Pulau Mauritius sekitar tahun 1680. Kepunahannya mungkin akibat dimasukkannya babi dan monyet ke pulau tersebut pada abad ke-16 oleh orang Portugis. Kedua jenis hewan ini diketahui memangsa tel»i r dan anak burung dodo.

Hasil penelitian, yang dilakukan dari sisa-sisa tulang yang ditemukan, menunjukkan bahwa dodo lebih mendekati kerabat mandar. Karena itu, para pakar ornitologi Eropa mengusulkan untuk menempatkannya dalam bangsa yang terpisah antara mandar dan merpati. Klasifikasi Ilmiah. Dodo termasuk marga Raphus; jenis R. cucullatus

Incoming search terms:

  • pengertian dodio

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian dodio