Advertisement

Dalam ilmu lingkungan, menyatakan suatu pembagian sumber daya menurut prioritas individu pada ruang fisik yang sama. Suatu komunitas dapat didominasi oleh satu jenis atau lebih. Jenis-jenis yang dominan paling banyak jumlahnya, tinggi biomassanya, menempati banyak ruang, berperanan penting dalam aliran energi dan siklus hara, atau de-ngan cara-cara lain lagi menguasai anggota-anggota lain dalam komunitas.

Walaupun jenis-jenis dominan dapat mempengaruhi populasi tingkat trofik lain, dominansi terutama dihubungkan dengan jenis-jenis yang menduduki tingkat trofik yang sama dan mempunyai persyaratan ekologis yang sama.

Advertisement

Jenis dominan adalah jenis yang dapat memanfaatkan sumber daya dan lingkungan yang ada secara lebih efisien daripada jenis lainnya. Jenis lainnya dapat hidup bersama, karena jenis-jenis ini dapat menempati relung atau bagian relung yang tidak dimanfaatkan oleh jenis dominan. Demikianlah, jenis yang dominan dikatakan bersifat generalis dan mempunyai kisaran toleransi fisiologis luas, sedangkan jenis-jenis lain lebih bersifat spesifik bila dilihat dari segi persyaratan ekologis dan mempunyai toleransi fisiologis yang sempit.

Dominansi banyak dihubungkan dengan wilayah teritorial, artinya menjatahkan sumber daya atas dasar pembagian ruang. Keduanya berperanan dalam pengaturan dan pengembangan dinamika populasi.

Secara teori, sejalan dengan peningkatan kepadatan populasi dan dengan makin sempitnya ruang, makin kecillah jumlah individu dalam populasi itu yang mampu memperoleh dominansi dan wilayah teritorial yang tinggi. Dengan demikian, daya berkembang biak secara keseluruhan berkurang dalam kaitannya dengan besarnya populasi.

Pada beberapa jenis dan populasi hewan, dominansi dan teritorialisme berperanan sebagai umpan balik yang peka. Dominansi mempengaruhi penyebaran, kematian, keberhasilan berkembang biak dan besarnya populasi. Misalnya, pada banyak populasi hewan pengerat, pertumbuhan populasi dan keadaan berdesakan yang berlebihan sering diiringi gejala keruntuhan struktur dominansi dan teritorialisme yang mantap; kesuburan yang berkurang; banyaknya anak yang mati sebelum lahir; pembuatan dan pemeliharaan sarang yang buruk; pengelompokan abnormal individu dalam pola “pelimbahan perilaku”; dan menyusutnya populasi.

 

DOMINANSI

Dalam psikologi, adalah sifat yang tampil dalam kecenderungan dan perilaku suka mengatur dan memerintah orang lain, menentukan apa yang akan dilakukan orang lain, dan mengambil tanggung jawab atas suatu situasi. Pada orang-orang tertentu terlihat kebutuhan yang kuat akan dominansi. Bila berada dalam kelompok, orang tipe ini senang memimpin dan berkuasa.

Namun kebutuhan akan dominansi tidak sinonim dengan kemampuan menjalankan kepemimpinan. Orang yang mempunyai kebutuhan kuat akan dominansi dapat saja gagal dalam menjalankan kepemimpinan, sebab keberhasilan suatu kepemimpinan tergantung pula pada faktor-faktor lain, seperti keadaan dan sifat orang yang dipimpin dan faktor situasi.

Dalam suatu kelompok, sering terlihat suatu hierarki dominansi yang cukup stabil dan menetap; seorang atau beberapa anggota mempunyai pengaruh atau kekuasaan yang lebih besar daripada yang lain. Orang yang mempunyai kepercayaan diri yang lebih besar mudah mempertahankan dominansinya dalam kelompok.

Dalam banyak masyarakat terdapat dominansi pria. Dominansi ini terlihat, antara lain, pada kebiasaan untuk menjadikan pria sebagai standar dalam pelbagai hal. Keadaan wanita kemudian dinyatakan lebih atau kurang dari standar, yaitu keadaan sebagaimana terdapat pada pria. Pandangan dan gagasan tradisional menyatakan bahwa prialah yang seharusnya menjadi pucuk pimpinan dalam rumah tangga dan masyarakat. Pandangan dan gagasan tradisional itu telah ikut meningkatkan dan mengukuhkan dominansi pria itu. Setelah Perang Dunia II, dominansi pria dalam kehidupan rumah tangga dan masyarakat sudah mulai berkurang.

 

DOMINASI

Dalam bidang biologi sering dikaitkan dengan genetika, ekologi tanaman, atau perilaku binatang. Dalam bidang genetika, gen atau pembawa sifat dikatakan dominan bila ia tetap dapat memunculkan sifatnya walaupun ia berpasangan dengan gen lain yang membawa sifat yang berlawanan dengannya.

Di bidang ekologi tanaman, sering kali ditemukan tanaman yang mendominasi tanaman lain dalam hal ukuran, sifat, maupun bentuk. Bila terdapat berbagai jenis yang dominan di suatu komunitas tanaman, jenis-jenis tanaman itu disebut sebagai berkodominasi.

Perilaku binatang yang menunjukkan dominasi biasanya ditandai oleh sikap superioritasnya terhadap kawanannya. Binatang yang dominan ini biasanya yang terkuat, berkuasa di wilayahnya, mendapat pasangan terbaik yang dipilihnya sendiri, dan mendapat berbagai kemudahan di kelompoknya.

 

DOMINASI

Penguasaan berlebihan dalam salah satu bidang (politik, ekonomi, sosial, dan kebudayaan) oleh sekelompok atau seseorang, yang lebih kuat fisik, mental, atau materialnya.

Dalam hubungan antarpribadi, kecenderungan seseorang untuk mendominasi pihak lainnya berhubungan dengan kepribadian yang bersifat otoriter, dan bentuknya biasanya adalah kesewenang-wenangan.

Incoming search terms:

  • pengertian dominasi
  • pengertian dominansi
  • Dominansi
  • dominansi adalah
  • pengertian dominasi dan contohnya
  • dominasi adalah
  • arti dominasi
  • arti dominansi
  • definisi dominasi
  • apa itu dominansi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian dominasi
  • pengertian dominansi
  • Dominansi
  • dominansi adalah
  • pengertian dominasi dan contohnya
  • dominasi adalah
  • arti dominasi
  • arti dominansi
  • definisi dominasi
  • apa itu dominansi