Advertisement

1. Dalam agama, istilah ini telah diterapkan pada oposisi baik-buruk dalam Manikeisme dan Gnostisisme; kontras yin dan yang dalam Taoisme dan Neoconfucianisme (antara lain saja).

2. Dualisme metafisis tertua ialah dualisme Plato. Yang benar- benar ada hanyalah ide-ide. Namun demikian, ia mengakui adanya prinsip yang lebih rendah tetapi bertentangan dengan ide-ide. Dualisme metafisis Plato juga bersifat etis sejauh ia mengidentikkan kebaikan dengan ide-ide dan kejahatan dengan prinsip yang lebih rendah.

Advertisement

3. Aristoteles berupaya mencegah dualisme ekstrem Plato, sambil mempertahankan kesalingisian forma dan materi.

4. Neoplatonisme meneruskan dualisme Platonik. Selain itu mencoba melalui ide emanasi menjembatani jurang konseptual antara materi dan Nous (yang satu yang sungguh-sungguh ada).

5. Dualisme yang sempurna muncul lagi dalam Descartes. Ia membedakan antara res cogitans dan res extensa.

6. Spinoza mencoba untuk tidak terlalu dekat dengan dualisme Cartesian. Ia memasukkan pikiran dan ekstensi (keluasan) ke dalam atribut-atribut dari suatu substansi tunggal, dan pikiran dan tubuh ke dalam modus-modusnya.

7. Kant membuat revolusi filsafat. Oposisi pikiran dan materi dia keluarkan dari metafisika dan dimasukkan ke dalam epistemologi. Oposisi atau dualisme rnenjadi dualisme antara unsur formal dan material, transendental dan empiris, analitik dan sintetik dalam pengalaman. Dan Kant menjembatani dualisme epistemologisnya dengan putusan-putusan jintetik apriori.

8. Avenarius dan William James merupakan beberapa di antara mereka yang mencoba menghindari dualisme dengan nienerima doktrin tentang “pengalaman murni”.

9. Lovejoy menentang apa yang dinamakan “pemberontakan melawan dualisme . Ditegaskannya, dualiras mesti diakui dalam hakikat waktu dan pengalaman.

10. Merleau-Ponty menggantikan dualisme tubuh-jiwa Descartes dengan aneka macam tingkat konseptual. Dari macam-macam tingkatan itu yang tisik dan yang mental adalah dua narnun satu.

Incoming search terms:

  • pengertian dualisme
  • arti dari dualisme dalam agama
  • arti dualism dalama agama

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian dualisme
  • arti dari dualisme dalam agama
  • arti dualism dalama agama