Advertisement

Tanaman berbentuk pohon yang tingginya mencapai 15—20 meter. Batangnya tumbuh lurus dan bergetah. Diameternya 30—40 sentimeter. Kulit batangnya tipis berwarna keabu-abuan. Cabang-cabangnya sedikit berbulu halus. Bentuk daunnya eliptis sampai memanjang, dengan pangkal dan ujung yang meruncing. Bunganya putih atau kuning pucat. Buahnya, yang berwarna kuning, berbentuk bola atau bulat memanjang dengan diameter 2—4 sentimeter. Kulit buahnya berwarna kuning pucat, kuning keabu-abuan sampai kuning. Dinding buahnya tipis dan bergetah. Bijinya dibungkus oleh selubung biji yang tembus cahaya. Rasanya bervariasi dari manis sampai asam. Biji duku berwarna hijau dan terasa pahit di lidah.

Pohon duku yang berasal dari kawasan Malesia (kepulauan pada lempeng Sunda) ini sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, terutama di daerah rendah yang agak lembap sampai ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Tumbuhan ini menyukai tempat yang teduh dan biasa ditanam di bawah lindungan pohon.

Advertisement

Buah duku yang segar dan manis biasa dihidangkan sebagai buah meja. Selain itu kulitnya yang sudah kering dapat dipakai sebagai bahan bakar atau untuk setanggi.

Dulu, duku hanya bisa diperbanyak dengan biji, karena perbanyakan dengan cara vegetatif sering gagal. Pada cangkokan, batangnya yang bergetah dapat menghambat pertumbuhan akar, Pada okulasi, kulit batangnya yang tipis mudah rusak. Namun, sekarang, pembiakan dengan cara vegetatif, yaitu dengan cara cangkokan, okulasi, susuan, dan sambungan, ternyata juga berhasil dan biasa dilakukan. Keuntungan perbanyakan dengan cara vegetatif ini adablah cepatnya pohon duku berbuah, yakni pada umur 5—6 tahun. Jika ditanam dengan biji, pohon tersebut baru berbuah pada umur 8—10 tahun.

Klasifikasi Ilmiah. Duku termasuk suku Meliaceae (duku- dukuan). Nama ilmiahnya Lansium domesticum.

Incoming search terms:

  • defenisi buah duku
  • pengertian buah duku

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • defenisi buah duku
  • pengertian buah duku