Advertisement

Suatu kata adjektiva menyangkut gejala psikologis luar biasa seseorang yang erat kaitannya dengan “kesan” {image) orang itu. Gejala ini ditan­dai dengan ingatan sangat hidup dan tajam luar biasa akan kesan-kesan visual sehingga timbul istilah ingatan eidetik.

Seseorang yang eidetik bukan saja membayangkan suatu objek yang tidak ada, tetapi juga berperilaku seolah-olah dia benar-benar melihat benda itu, apa­kah dengan mata tertutup atau sekedar melihat latar belakang munculnya kesan itu. Suatu objek tertentu mungkin diingat secara eidetik, entah dengan segera setelah lenyap atau hilang dari pandangan atau sete­lah suatu kekhilafan beberapa menit, hari, bahkan ta­hunan, entah muncul secara spontan.

Advertisement

Dalam fenomenologi Husserl, seseorang eidetik di­katakan memperhatikan hal-hal esensi berdasarkan la­poran seseorang yang mengarah pada kepekaan psi­kologi.

Penelitian telah menemukan hakikat eidetik “kesan”. Beberapa pengamatan mensyaratkan suatu da­sar patologi bagi gejala eidetik, sedang pandangan lain mengemukakan bahwa ternyata kesan eidetik sering ditemukan pada anak normal. Seorang ahli psikologi Jerman, Erich Rudolf Jaensch, berpendapat bahwa kebanyakan orang melewati fase eidetik pada masa anak-anak.

Penelitian tentang gejala eidetik telah dilakukan terutama berkaitan dengan masalah frekuensi kesan eidetik pada tingkatan umur dan kelompok kesibukan yang berbeda. Misalnya hubungannya dengan kepri­badian, hubungannya dengan inteligensia dan prestasi pendidikan, dan arti klinis gejala ini, terutama bidang neurologi dan psikiatri. Berdasarkan fenomena eidetik ini muncul suatu faham bernama eidetisme yang dianut oleh para psiko­log berdasarkan fenomenologi Husserl.

Incoming search terms:

  • ingatan eidetis
  • Eidetik
  • eidetik adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • ingatan eidetis
  • Eidetik
  • eidetik adalah