Advertisement

Cabang ilmu ekonomi yang menco­ba menjelaskan gejala-gejala ekonomi yang terjadi dengan menggunakan metode matematik dan statistik. Perbedaannya dengan ilmu ekonomi itu sendiri ha­nya terletak pada metode analisisnya. Gambaran- gambaran deskriptif dalam ilmu ekonomi merupakan bahan mentah bagi ekonometri.

Ekonometri adalah alat bantu untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi, mengambil keputusan ten­tang kebijakan ekonomi yang akan dijalankan, dan meramalkan keadaan ekonomi di masa mendatang. Penghitungan pendapatan nasional, kekayaan nega­ra, produksi, dan aliran dana bukanlah kegiatan eko­nometri, akan tetapi angka-angka tersebut banyak di­pakai di dalam ekonometri.

Advertisement

Untuk mempelajari sifat hubungan antara gejala ekonomi yang satu dan yang lain, para ahli ekono­metri menggunakan rumus matematik serta metode statistik. Berdasarkan data yang tersedia, dibuat ramalan-ramalan tentang apa yang akan terjadi di ma­sa yang akan datang atau akibat-akibat kebijakan eko­nomi yang akan atau sedang dijalankan. Dengan ma­kin majunya teknologi pemrosesan data, lebih banyak

data atau variabel dapat dihimpun dan dianalisis se- hingga hasilnya pun menjadi lebih dapat diandalkan.

Ekonometri dipergunakan untuk menggambarkan proses pengambilan keputusan yang bersifat ekono­mi, misalnya besarnya jumlah permintaan akan sua­tu barang, hubungan antara faktor-faktor teknologi, hukum, keadaan sosial budaya masyarakat, rumah tangga, perusahaan serta lembaga-lembaga pemerin­tah yang akan mempengaruhi keadaan ekonomi suatu masyarakat.

Contoh di bawah ini memperlihatkan cara kerja ekonometri untuk menentukan besarnya permintaan:

Besarnya permintaan barang X ditentukan oleh be­berapa faktor, yaitu: harga barang X, harga barang pada umumnya, harga barang yang ada hubungan­nya dengan barang X(baik sebagai pengganti, peleng­kap ataupun kedua-duanya), dan pendapatan riel kon­sumen. Hubungan ini bersifat probabilistik, sehing­ga perlu diasumsikan adanya faktor-faktor yang be­lum diperhitungkan.

Incoming search terms:

  • ekonometri

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • ekonometri