Advertisement

Merupakan unit dasar fungsional da­lam ekologi, artinya unit dasar sistem kehidupan (bio- system) yang mencakup seluruh makhluk hidup. Makhluk hidup itu berfungsi bersama-sama di dae­rah tertentu dalam suatu komunitas biotik. Mereka berinteraksi sedemikian rupa dengan lingkungan fi­sik setempat, sehingga terjadi aliran energi dalam struktur biotik yang dapat dibatasi dengan jelas. Selain itu, juga terjadi daur materi antara bagian-bagian lingkungan yang hidup ataupun tidak. Secara ringkas, ekosistem dapat diterangkan sebagai suatu sistem interaksi antara komunitas biotik dan unsur lingkung­an yang tidak hidup.

Ekosistem, singkatan dari “sistem ekologi”, seba­gai istilah diusulkan pertama kali oleh ahli biologi Inggris, A.G. Tansley, pada tahun 1935. Konsep eko­sistem sebagai kesatuan makhluk hidup dan lingkung­annya telah diajukan berbagai ahli, antara lain dengan istilah microcosm (S.A. Forbes, 1877), dan biogeo- coenosis (Sukachev, 1944). Istilah lain yang senada dengan konsep ekosistem adalah holocoen (Friderich, 1930), biosystem (Thenemann, 1939), bionert body (Verdnadsky, 1944), dan ho/oen (Koestler, 1969).

Advertisement

Di Indonesia, Undang-undang tentang Ketentuan- ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No.4 /1982 menyebutkan bahwa ekosistem adalah ta­tanan kesatuan secara utuh antara segenap unsur ling­kungan hidup yang saling mempengaruhi.

Incoming search terms:

  • Ekosistem artinya

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Ekosistem artinya