Advertisement

Atau eczema, sering disebut dermatitis, adalah peradangan pada bagian luar kulit. Gejala yang ditimbulkannya dapat berupa gambaran kelainan kulit yang beraneka ragam, misalnya kemerahan, bengkak, basah, bergelembung, bersisik, atau berkerak; dan umumnya gatal. Garukan yang sering dilakukan akibat rasa gatal tersebut dapat menimbulkan pene­balan pada kulit yang digaruk.

Istilah eksem atau dermatitis masih banyak diper­debatkan mengenai kadar persamaannya. Sebagian ahli penyakit kulit berpendapat bahwa eksem tak ber­beda dengan dermatitis. Sebagian lagi berpendapat bahwa istilah eksem, hanya menunjuk kepada jenis

Advertisement

dermatitis kronis TPenyebab eksem sangat beraneka ragam, namun semuanya dapat dikelompokkan ke da­lam dua kelompok besar, yaitu penyebab eksogen (dari luar) dan penyebab endogen (dari dalam). Penyebab

eksogen di antaranya adalah kontak dengan berba­gai benda yang menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit. Penyebab endogen dapat berupa gangguan metabolisme bawaan, defisiensi imunitas, malnutrisi, dll.

Berdasarkan jenisnya, gambaran kelainan kulit pa­da dermatitis berbeda-beda pula. Misalnya, pada nu- mular dermatitis, kelainan kulitnya berbatas tegas se­perti uang logam. Pada seborrhoic dermatitis, kulit yang terkena tertutup sisik putih yang mudah terle­pas dan biasanya mengenai kulit kepala, muka, lipatan tubuh, dll.

Penyakit ini sering sulit disembuhkan terutama je­nis yang sudah menjadi kronis. Umumnya pengobatan diberikan secara topikal pada kulit, disertai obat anti- alergi atau obat lainnya yang disesuaikan dengan pe­nyebabnya.

Advertisement