Advertisement

EXPORT / EKSPOR adalah suatu barang, jasa atau aset modal yang dijual ke luar negeri.
1. suatu barang yang diproduksi dan secara fisik diangkut dan dijual di pasar luar negeri, kemudian diperoleh penerimaan dalam mata uang asing. Ekspor seperti ini disebut EKSPOR YANG DAPAT DILIHAT (VISIBLE EXPORT)
2. suatu jasa yang disediakan bagi orang asing baik di dalam negeri (sebagai contoh, kunjungan turis) maupun di luar negeri (sebagai contoh, perbankan dan asuransi) yang keduanya menghasilkan mata uang asing. Ekspor seperti ini disebut ekspor yang tidak dapat dilihat (invisible export).
3. modal yang ditempatkan di luar negeri dalam oentuk investasi portofolio, investasi langsung luar negeri dalam bentuk aset fisik dan deposito bank disebut ekspor modal
Ekspor adalah penting dalam dua hal utama; (a) bersama-sama dengan impor menghasilkan NERACA PEMBAYARAN (BALANCE OF PAYMENTS) dari suatu negera (suatu negara harus mengekspor untuk dapat membiayai impornya yang ‘dibayar’ dengan mata uang asing); (b) ekspor menggambarkan ‘suntikan’ dana dalam ALIRAN SIRKULASI PENDAPATAN NASIONAL (CILCULAR FLOW OF NATIONAL INCOME), yang memberikan peningkatan pendapatan dan output riil.
Lihat INTERNATIONAL TRADE, EXPORT MULTIPLIER, C.I.F. (COST INSURANCE- FREIGHT) , F.O.B. (FREE-ON-BOARD), CERTIFICATE OF ORIGIN, INSURANCE, FACTORING, FORFAITING, EXPORT SUBSIDY, EXPORT RESTRAINT AGREEMENT, FOREIGN INVESTMENT, EXCHANGE RATE, EXCHANGE RATE EXPOSURE, TERMS OF TRADE.

EXPORT CREDIT GUARANTEE DEPARTMENT (ECGD) / DEPARTEMEN ASURANSI KREDIT EKSPOR adalah suatu kantor pemerintah Inggris yang memberikan perlindungan asuransi kepada eksportir Inggris dari risiko tidak dibayar oleh pembeli luar negeri; merupakan alat untuk mendorong ekspor.

Advertisement

Incoming search terms:

  • pengertian departemen export
  • pengertian kredit departemen

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian departemen export
  • pengertian kredit departemen