Advertisement

Suatu cara untuk me­meriksa aktivitas otak melalui elektrisitas yang ditim­bulkannya. Kegiatan listrik otak terjadi pada orang sadar, orang tidur, maupun orang yang pingsan. Elek- troensefalografi dilakukan oleh dokter ahli saraf un­tuk mendiagnosis kelainan pada otak. Hasil perekam­annya berupa grafik yang disebut elektroensefalogram (EEG). Kelainan yang terjadi pada otak, misalnya tu­mor otak atau ayan (epilepsi), menunjukkan gambar­an EEG yang khas.

Untuk mendeteksi tegangan listrik pada otak yang besarnya sekitar 100 mikro volt, beberapa elektrode di­pasangkan pada kulit kepala, yakni di bagian bela­kang, tengah, maupun sebelah kanan dan kiri kepa­la. Rekaman kegiatan listrik otak ini menunjukkan irama dan gelombang yang berbeda-beda pada setiap orang, kecuali pada saudara kembar.

Advertisement

Pada orang normal, yang sedang beristirahat ber­baring dengan mata tertutup, terdapat gelombang alfa yang berasal dari bagian belakang otak. Pada orang yar: melakukan gerakan-gerakan secara sadar, bagian tengah dan depan otaknya menunjukkan gelombang beta.

Incoming search terms:

  • pengertian dari elektro-ensefalografi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian dari elektro-ensefalografi