Advertisement

Adalah kemagnetan yang timbul karena aliran arus listrik. Istilah ini juga ber­arti cabang fisika yang mempelajari hubungan antara kelistrikan dan kemagnetan.

Gaya magnet antara dua benda yang dijadikan magnet dan gaya antara arus-arus listrik—atau muat­an listrik yang bergerak—dapat saling dihubungkan dengan anggapan bahwa pemagnetan bahan disebab­kan oleh arus melingkar di dalam atom-atom bahan itu. Tetapi kedua gejala itu paling mudah dibahas se­bagai medan magnet dalam daerah arus.

Advertisement

Gaya antara Dua Arus. Arus listrik, misalnya se­panjang sepotong kawat, akan menimbulkan medan magnet. Antaraksi dua arus listrik sepanjang dua po­tong kawat adalah antaraksi dua medan magnet yang ditimbulkan oleh kedua arus itu masing-masing. Ter­nyata bahwa kawat sejajar yang dialiri arus searah akan tarik-menarik, sedangkan yang dialiri arus ber­lawanan arah akan tolak-menolak.

Medan Magnet di sekitar Kumparan. Medan mag­net di tengah kumparan yang seragam berbanding lu­rus dengan kuat arus dan banyaknya lilitan, tetapi ber­banding terbalik dengan panjang kumparan. Karena itulah lilitan pada motor listrik berjumlah banyak agar medan magnet yang timbul cukup besar.

Induksi Faraday. Bila medan magnet yang tegak lurus terhadap suatu kawat melingkar diubah besarnya, dalam kawat itu akan timbul arus listrik yang di­sebut arus induksi. Gejala ini disebut induksi Fara­day. Bersamaan dengan timbulnya arus listrik, antara titik ujung kawat timbul suatu daya gerak listrik yang besarnya bergantung pada banyaknya lilitan dalam kumparan dan fluks magnetik total yang menembus kumparan.

Incoming search terms:

  • elektromagnetisme
  • pengertian elektromagnetisme
  • elektromagnetisme adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • elektromagnetisme
  • pengertian elektromagnetisme
  • elektromagnetisme adalah