PENGERTIAN ELEKTROMETER

5 views

Sebuah instrumen untuk meng­ukur tegangan atau arus listrik yang sangat kecil. Ada beberapa macam elektrometer. Elektrometer getaran buluh dilengkapi buluh getar pada salah satu lempeng

kapasitornya. Gerakan buluRTnengubah jarak antar­lempeng, sehingga kapasitansinya berubah; dan te­gangan antarlempeng pun ikut berubah. Cara ini di­gunakan kapasitor untuk mengubah sinyal arus searah yang akan diukur menjadi arus bolak-balik, karena arus bolak-balik lebih mudah dikuatkan tanpa me? – alami hanyutan.

Elektrometer kuadran mampu mengukur perbeda­an tegangan sebesar 0,01 volt. Alat ini menggunakan gaya elektrostatika yang dikeluarkan dari antara bagian-bagian muatan pada sebuah kotak logam bun­dar dan jarum bermuatan yang digantung di dalam kotak. Elektrometer tabung hampa memiliki kepekaan sangat tinggi karena dapat mengukur arus sekecil 50 elektron per detik. Alat ini menggunakan tabung elek­trometer yang dirancang khusus sehingga dapat meng­ukur arus atau tegangan yang sangat kecil. Tetapi arus atau tegangan kecil itu diperkuat lebih dulu agar da­pat diukur, seperti ditunjukkan oleh penyimpangan jarum meter. Namun cara ini masih juga diganggu oleh hanyutan {drift).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *