Advertisement

Suatu ilmu yang mempelajari serta memanfaatkan perilaku partikel bermuatan yang di­sebut elektron, baik yang terdapat pada zat padat, gas, ataupun ruang hampa. Penerapan elektronika dapat mencakup banyak bidang, terutama bidang rekayasa.

Perkembangan jaman abad ini sebagian besar di­dukung oleh bidang elektronika/Ini terlihat dari per­kembangan pesat teknologi yang selalu berkaitan de­ngan elektronika. Hampir semua orang menyadari be­tapa pentingnya bidang elektronika. Peranan elektro­nika makin meningkat dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari peralatan rumah tangga seperti radio, tele­visi, bel listrik sampai penggunaan komputer. Para ilmuwan dan teknisi telah berhasil menyelidiki kedalaman laut, memantau perilaku manusia, alam, dan ruang angkasa dengan menggunakan peralatan elek­tronika.

Advertisement

Perkembangan Elektronika. Pembahasan bidang elektronika tidak terlepas dari pembahasan kelistrikan. Karena itu era elektronika dapat dikatakan mulai dari percobaan tabung listrik oleh Thomas Edison pada tahun 1883. Edison melakukan percobaan yang mem­buktikan bahwa adanya gerakan elektron pada sebuah lempeng logam yang diletakkan di dekat filamen yang memijar di sebuah lampu. Pada masa perkembangan awal sampai Perang Dunia I, bidang elektronika le­bih diarahkan pada pengembangan bidang komuni­kasi secara elektronik. Marconi dan beberapa ilmu­wan lain mulai membuktikan adanya dua cara untuk berkomunikasi secara elektronik, yaitu dengan trans­misi radio dan penerima. Inilah langkah awal dari ko­munikasi radio, yang mulai terasa manfaatnya ketika terjadi tenggelamnya kapal Titanic pada tahun 1912. Komunikasi radiolah sarana komunikasi untuk mem­beritakan dan mencari kapal itu. Peristiwa ini mulai menyadarkan orang di seluruh dunia akan pentingnya peralatan komunikasi secara elektronik ini, sehingga muncullah berbagai peraturan bagi kapal-kapal yang diharuskan menggunakan peralatan komunikasi tanpa kawat ini.

Selama terjadinya Perang Dunia komunikasi radio menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi karena situasi mengharuskannya dan siaran radio dengan ge­lombang pendek, menengah, dan panjang berhasil membuktikan keampuhannya. Setelah Perang Dunia II, penelitian dan perkembangan industri elektronika makin ditingkatkan. Salah satu penyebab adalah peng­gunaannya sebagai penunjang bidang kemiliteran. Ma­ka tidak mengherankan jika sistem elektronika saat ini adalah hasil pengembangan semasa perang. Selain itu perkembangan industri elektronika diarahkan ke komunikasi komersial yang memproduksi peralatan untuk hiburan. Kemudian muncullah program untuk televisi, penyesuaian komunikasi peralatan kapal laut dan pesawat udara sehingga memungkinkan adanya komunikasi dengan stasiun lain untuk disebarkan ke seluruh dunia.

Industri elektronika dapat dikatakan sebagai bis­nis besar. Metode dalam perakitan komponen dan per­alatan mengalami perubahan sejalan dengan perkem­bangan itu sendiri. Perkembangan komponen bermula dari bentuk konvensional berupa tabung vakum sam­pai bentuk solid state (zat padat) berupa rangkaian

terintegrasi yang dikenal dengan nama IC {integrated circuit) dan teknologi integrasi skala amat besar (VLSI: very large scale integration). Perkembangan terus meningkat dan mengarah ke mikrominiaturisasi.

pcn- uMinan antarkomponen tidak iagi terbatas pada sambungan solder sederhana saja, karena peranan ini dapat digantikan oleh sinar laser atau berkas elektron. Dapat juga digunakan papan cetak (PCB) yang meng­hubungkan antarsambungan komponen. Papan cetak ini tersedia dalam konstruksi banyak lapisan untuk menghindari kerumitan dan untuk mencapai miniaturisasi.

Para pelopor perkembangan bidang elektronika mungkin akan terkejut menyaksikan cepatnya per­ia- uingan yang dicapai pada akhir abad ke-20 ini. Dapat dikatakan hampir semua kegiatan manusia ter­gantung pemakaian elektronika. Hal ini dapat di­pahami, karena hampir semua sistem peralatan meng­gunakan sistem elektronika. Peralatan modern me­mungkinkan orang dapat berkomunikasi jarak dekat dan jauh, baik melalui telepon ataupun pengiriman data lewat transmisi dengan penggunaan komputer, dan komunikasi melalui satelit. Bahkan di bidang ke­dokteran, bidang elektronika menjadi pelopor kema­juan teknologi kedokteran. Dengan peralatan elektro­nika seperti alat roentgen, elektrokardiograf, elek- troensefalograf, elektromiograf, tomografi terkompu­terisasi (CT scan) dan sebagainya, kelainan pada tubuh dapat dideteksi lebih dini, sehingga makin mudah pe­nyembuhannya. Dari kenyataan ini jelaslah bahwa elektronika merupakan ujung tombak kemajuan tek­nologi.

Incoming search terms:

  • pengertian teknologi elektronik
  • arti dari elektronik dan tehnologi
  • arti teknologi elektronik elektronika

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian teknologi elektronik
  • arti dari elektronik dan tehnologi
  • arti teknologi elektronik elektronika