Advertisement

Atau aurum, merupakan unsur kimia be­rupa logam dengan lambang kimia Au. Nomor atom 79, dan massa atom relatif 196,967. Rapatan 19,32 gram per sentimeter kubik. Dalam keadaan murni emas merupakan logam yang lunak, tahan terhadap berbagai bahan kimia, dan berat. Emas dapat ditarik menjadi kawat dan ditempa menjadi lembaran tipis. Semua sifat ini dan kelangkaannya menjadikan emas mahal dan digunakan sebagai tanda kekayaan.

Emas sudah dikenal orang sejak 3.500 tahun sebe­lum Masehi antara lain di Mesopotamia dan Mesir. Pada Abad Pertengahan, begitu kuat orang mendam­bakan emas sehingga lahir ilmu alkimia, dengan tu­juan membuat emas. Manusia modern berhasil men­capai cita-cita alkimia itu dengan mengekstrak emas dari air laut dan mengubah timbel atau merkurium menjadi emas dalam pemercepat partikel. Namun emas yang murah tetaplah emas alamiah yang harus ditambang.

Advertisement

Aloi. Agar keras, biasanya emas dipadukan dengan tembaga atau perak. Kadar emasnya dinyatakan da­lam karat. Emas murni 24 karat. Emas 18 karat ber­arti 18 bagian emas dan 6 bagian logam lain. Emas putih adalah aloi emas dengan platinum atau iridium.

Emas meleleh pada 1.064,43°C dan mendidih pa­da 2.807°C. Emas larut dalam akua regia, larutan sianida basa, larutan besi(III) klorida panas, larutan tiosulfat, merkurium, maupun larutan klor nasens(bebas).

 

 

 

Emas dalam Alam

Diduga emas sebagai gas mau­pun lelehan dapat keluar ke permukaan bumi lewat retakan dalam kerak bumi dan kemudian membeku di situ. Kemudian aliran air permukaan, biasanya ban­jir, membawa emas dalam bentuk bulir-bulir ke mana- mana. Yang masih dekat retakan batuan disebut de­posit eluvial dan yang jauh ke dasar sungai disebut aluvial. Sementara itu ada juga emas dalam deposit- deposit tembaga. Air laut mengandung ion-ion emas dengan kadar 72 miligram per ton. Para ilmuwan ma­sih menyelidiki cara menambang emas di laut secara menguntungkan.

Lebih dari separo emas di bumi berada sebagai aliase dengan perak, yang selanjutnya terikat atau ber­campur dengan kuarsa, kalsit, timbel, telurium, zink, atau tembaga, dan biasanya ditambang sebagai hasil samping logam-logam lain.

 

 

 

 

Penambangan Emas

Ada bermacam-macam ca­ra menambang emas, bergantung pada macam depo­sitnya. Semua metode terdiri atas dua tahap, yaitu memperoleh bijih emas dan memisahkan emas dari dalam bijih itu. Deposit yang terletak jauh di bawah tanah diambil bersama batuan mirip penambangan ba­tu bara. Setelah sampai di permukaan bumi, batuan atau tanah itu dihancurkan dan emas dipisahkan, umumnya berdasar selisih bobot jenis. Partikel padat yang lebih ringan diguyur air sehingga yang terting­gal di dasar wadah hanya emas.

 

 

 

Pengilangan Emas

Emas diekstrak dari bijih de­ngan cara sianidasi langsung atau sianidasi dengan karbon. Cara ketiga adalah f lot asi yang mengguna­kan bahan pengapung berupa minyak dan surfaktan. Butir-butir emas yang ditempeli minyak dan gelem­bung udara akan mengapung bersama buih. Diguna­kan zat anorganik agar logam lain tidak dapat ditem­peli buih dan tetap tenggelam.

Pada sianidasi, logam zink akan mengendapkan emas dari dalam larutan sianida. Dalam sianidasi de­ngan karbon, bijih emas dilumat menjadi bubur dan emasnya dilarutkan dalam larutan sianida. Kemudian ditambahkan karbon aktif untuk mengadsorpsi ion- ion kompleks emas. Karbon ini dipisahkan dari bu­bur bijih dengan suatu teknik penapisan. Akhirnya emas dilepaskan dari karbon dengan memasukkan karbon itu dalam larutan sianida kaustik yang panas.

Kegunaan. Emas digunakan sebagai mata uang maupun cadangan untuk mendukung mata uang suatu negeri. Dewasa ini hampir tak ada uang kertas yang berstandar emas. Artinya, kapan saja uang kertas itu dapat ditukarkan dengan mata uang emas atau emas seberat mata uang itu. Sampai tahun 1933, 1 dolar be­rarti 1,67 gram emas. Tetapi pada tahun 1973, 1 do­lar hanya berarti 0,552 gram. Tahun 1976 Pemerin­tah Amerika Serikat tidak lagi mengaitkan dolarnya pada emas. April 1987 ini, misalnya, 1 dolar hanya dapat membeli 0,070 gram emas. Negara yang cadang­an devisanya habis akan terpaksa menjual sebagian cadangan emasnya, bila negara itu tidak bisa mem­peroleh pinjaman.

Emas dialoi dengan pelbagai logam untuk perhias­an dan hiasan. Emas juga digunakan untuk membuat gigi palsu atau penambal gigi. Lembaran tipis emas digunakan untuk dekorasi kaca rumah dan gereja. Lembaran yang cukup tipis akan setengah tembus ca­haya dengan meneruskan cahaya kehijauan.

Incoming search terms:

  • pengertian emas
  • definisi emas
  • pengertian emas dan perak
  • apa pengertian emas dan perak

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian emas
  • definisi emas
  • pengertian emas dan perak
  • apa pengertian emas dan perak