PENGERTIAN ENGLISH HORN

121 views

Instrumen musik tiup, sering di­sebut dengan nama Perancis cor anglais. Sebetulnya english horn merupakan suling alto dengan lima titi nada di bawah standar. Bentuk fisiknya ramping pan­jang dengan buluh ganda yang dimasukkan ke dalam sebuah tabung metal yang salah satu ujungnya dile­kukkan, sedang ujung lainnya berupa corong. Tom­bolnya menyerupai buah per dan mempunyai suatu bukaan kecil untuk membuat suara menjadi lebih ha­lus dan melankolik menyerupai terompet, namun asal usul anglais (Eng­lish) tetap merupakan sebuah misteri. Bentuk lekukan, yang dipertahankan sampai tahun 1900, awalnya iden­tik dengan suling abad ke-I8. Sekarang alat tiup ini kadang-kadang digunakan untuk membawakan karya Bach. Bentuk modern pertama kali ditampilkan oleh Henri Brod tahun 1839 di Paris. English horn mulai digunakan dalam orkes pada pertengahan abad ke-19.

ENIAC ialah mesin hasil pengembangan komputer serbaguna serbaelektronik yang pertama di Labora­torium Penelitian Balistik Angkatan Darat Amerika Serikat pada Universitas Pennsylvania. Pengembang­an ini di mulai pada musim semi 1943. Mesin perta­ma selesai pada awal 1945 dan disebut ENIAC (Elec­tronic Numerical Integrator and Computer) dengan kemampuan 5.000 penjumlahan per detik dan 300 per­kalian per detik.

Letnan Goldstine, Kepala Laboratorium tersebut, memperkuat stafnya dengan John von Neumann, se­orang matematikawan. Dibuatlah proyek untuk me­ningkatkan kemampuan Eniac dengan beberapa ga­gasan, yaitu (1) pemisahan fungsi penyimpanan, arit- metik, dan kontrol; (2) memori akses-acak; (3) pro­gram tersimpan; (4) modifikasi aritmetik dari instruk­si; (5) pencabangan bersyarat; (6) pilihan antara pe­maparan bilangan biner dan desimal; dan (7) pilihan antara operasi seri dan paralel.

Dalam makalah Neumann, mesin yang didamba­kan itu disebut EDVAC {Electronic Discrete Variable Computer), dan baru diselesaikan pada tahun 1952. Berdasarkan makalah itu suatu regu insinyur Inggris yang dikepalai oleh Maurice V. Wilkes berhasil mem­buat mesin yang disebut EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Computer) di Universitas Cam­bridge pada bulan Juni 1949. Edsac merupakan kom­puter dengan program tersimpan yang pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *