PENGERTIAN ENSEFALITIS

12 views

Adalah peradangan pada otak. Pe­nyakit ini dapat menyerang manusia maupun hewan. Peradangan otak yang disertai radang sumsum tulang disebut epsefalomielitis, dan yang disertai radang selaput otak disebut meningoensefalitis. Berbagai macam kuman dapat menembus benteng otak dan me­nimbulkan peradangan, namun istilah ensefalitis bia­sanya dibatasi untuk peradangan otak yang disebab­kan oleh infeksi virus atau reaksi alergi akibat infeksi virus.

Gejala yang timbul bergantung pada bagian otak yang terkena, sehingga dapat berupa kejang-kejang, mudah lupa, gangguan kesadaran, gerakan spontan atau tidak terkoordinasi, gangguan bicara, kelemahan otot pada salah satu atau kedua sisi badan, dll. Bila selaput otak juga terkena, akan timbul gejala kaku kuduk, demam dan nyeri kepala, serta bertambahnya sel darah putih di dalam cairan sumsum tulang.

Dikenal beberapa jenis virus yang dapat menyebab­kan ensefalitis. Jenis yang paling sering ditemukan adalah virus yang ditularkan oleh serangga, misalnya nyamuk dan tungau. Ensefalitis yang ditimbulkannya biasanya berat dan sering menyebabkan kematian. Bila dapat bertahan hidup, umumnya penderita akan menjadi cacat karena kerusakan neurologis.

Jenis virus lain adalah virus penyebab penyakit her­pes simplex. Ensefalitis yang disebabkan oleh virus ini mempunyai tingkat kematian sekitar 30 persen. Pen­derita yang dapat bertahan hidup biasanya mempu­nyai gejala sisa berupa kejang-kejang, gangguan men­tal, dan psikosis. Virus lain yang dapat menyebabkan ensefalitis adalah virus penyebab penyakit campak, rabies, polio, dan gondongan.

Incoming search terms:

  • pengertian ensefalitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *