Advertisement

Suatu ameba yang menyebabkan disentri ameba atau amebiasis pada ma­nusia. Parasit ini ditularkan dalam bentuk kista me­lalui makanan atau minuman. Kista tersebut mempu­nyai dinding yang dapat bertahan dalam lingkungan yang tidak menguntungkan. Di dalam tubuh manu­sia, dinding kista tidak dirusakkan oleh asam lam­bung, namun dapat dihancurkaiTBleh media basa usus halus.

Bila dinding kista telah hancur, dilepaskanlah pa­rasit berinti empat. Parasit ini akan berkembang men­jadi delapan parasit baru yang kemudian akan men­jadi bentuk trofozoit. Hanya bentuk trofozoi: inilah yang dapat menyerang jaringan. Trofozoit dapat me­netap di usus besar tanpa menimbulkan gejala apa­pun, namun dapat juga menjadi bentuk yang ganas (bentuk histolitika) dan menembus selaput lendir usus. Bila terjadi infeksi sekunder, reaksi peradangan yang ditimbulkannya menjadi hebat. Pada keadaan itu, la­pisan otot pada dinding usus akan membentuk barier yang memanjang di permukaan lapisan otot. Dengan demikian pelukaan (ulkus) yang ditimbulkan oleh pa­rasit jarang sekali dapat menembus lapisan otot. Pe­lukaan usus sering terjadi di daerah sekum, kolon asendense, sigmoid, dan rektum.

Advertisement

Gejala disentri ameba hanya ditimbulkan oleh ben­tuk histilotika. Penderitanya mengalami diare dengan tinja yang mengandung darah dan lendir, mulas, dan nyeri pada anus. Ketiga gejala ini disebut sindrom di­sentri. Penyakit dapat menjadi kronis dengan gejala ringan yang berupa diare diselingi sembelit.

Bila amebiasis usus besar tidak diobati, ameba da­pat menyebar melalui aliran darah dan menyebabkan abses di hati, paru-paru, dan otak. Abses ameba ini sangat khas, yaitu berisi cairan cokelat. Apabila abses hati pecah, ameba masuk ke rongga perut dan me­nyebabkan radang selaput perut, dan bila ameba me­nembus diafragma, akan terjadi abses paru-paru. Amebiasis pada usus besar masih banyak ditemukan di Indonesia. Amebiasis hati hanya kadang-kadang sa­ja ditemukan, sedangkan bentuk amebiasis lainnya ja­rang sekali.

Penyakit ini diobati dengan metronidazol. Penya­kit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan ling­kungan dan kebersihan perseorangan. Pencemaran makanan oleh tinja manusia yang mengandung ameba biasanya terjadi melalui penggunaan air kotor yang mengandung kista sebagai penyaji makanan, atau oleh lalat dan lipas.

Incoming search terms:

  • Pengertian Entamoeba histolytica
  • entamoeba adalah
  • pembahasan entamoeba histolytica

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Pengertian Entamoeba histolytica
  • entamoeba adalah
  • pembahasan entamoeba histolytica