PENGERTIAN ENTEROTOKSEMIA

11 views

Suatu penyakit pada hewan, sering disebabkan oleh kuman Clostridium perfringens. Pada keadaan normal, kuman tersebut meru­pakan salah satu flora bakterial yang hidup di dalam usus tanpa menimbulkan penyakit. Diduga pada ke­adaan tertentu, kuman ini menjadi ganas dan mem­bentuk racun yang beredar ke seluruh tubuh. Ternak yang sering menderita penyakit ini adalah kambing, domba, sapi, babi, dan kuda.

Gejala yang ditimbulkannya bersifat mendadak, yaitu diare, berak berdarah, demam, lemah, lesu, dsb. Bila tidak segera diobati, penyakit ini dapat menye­babkan kematian dalam 1—2 hari setelah serangan. Karena itu penyakit ini dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar pada industri peternakan.

Enterotoksemia diobati dengan pemberian obat- obatan golongan sulfa, antitoksin, dan serum anti- kuman. Pemberian cairan dan makanan yang cukup merupakan faktor yang penting dalam penyembuhan penyakit. Untuk mencegah penyakit ini biasanya he­wan diberi vaksin sebelum terjadi wabah. Bila vaksin diberikan pada waktu wabah, manfaatnya tidak be­gitu berarti karena penyakit ini sangat akut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *