Advertisement

Termasuk kerabat entok mailing {Cairina mosehata). Hewan ini bercirikan kepala da||p leher yang berwarnaputih dengan bintik-bintik hitam. punggung, bulu ekor bagian atas, paha, dan dadanya berwarna hitam dengan kilap hijau. Perutnya berwar­na cokelat kemerahan. Pada sayapnya terdapat pita putih. Paruhnya berwarna jingga dengan noda-noda hitam. Pada musim berkembang biak, dasar paruh entok rimba yang jantan akan membengkak. Mata­nya berwarna merah jingga. Kakinya pendek, berse­laput renang, dan berwarna jingga kekuningan. Jan­tan dan betinanya sulit dibedakan. Namun bulu entok betina berwarna agak kusam dan perawakannya le­bih kecil. Panjang tubuhnya berkisar 60—70 senti­meter.

Entok rimba tersebar di daerah Assam, Burma, Th; and, Indocina, Malaya, hingga ke Sumatra dan Jawa. Hidupnya menetap di hutan hujan tropis yang lebat dan mempunyai sumber air. Biasanya entok rim­ba mencari pakan di sekitar mata air, kolam, sungai, atau genangan air di dalam hutan tersebut. Pada mu­sim kemarau kadang-lcadang hewan ini terpaksa men­cari pakan di rawa-rawa terbuka. Pakannya berupa keong, katak kecil, cacing tanah, ikan kecil, serang­ga, dan biji tumbuhan.

Advertisement

Entok rimba hidup menyendiri atau membentuk ke­lompok kecil yang terdiri atas 4 atau 5 ekor. Entok rimba mencari pakan dalam keadaan remang-remang sebelum matahari terbit atau terbenam, sedangkan pa­da siang hari sering bertengger di atas cabang pohon yang tinggi, sehingga sangat sulit ditemukan. Bina­tang itu terbang tidak terlalu tinggi menembus sela- sela cabang pohon sambil bersuara. Tarian percumbu­annya tidak terlalu indah. Entok rimba jantan akan menegakkan kepalanya, lalu menggerakkannya secara vertikal ke atas dan ke bawah. Musim berkembang biaknya tidak merata untuk semua wilayah; di darat­an Asia sekitar bulan Mei-Juni; di Sumatra dan Jawa lebih awal.

Eniok rimba membuat sarang di lubang pohon atau pada cabang pohon yang tebal. Telurnya yang ber­jumlah 6—13 butir per musim berukuran 65 x 48 mi­limeter berwarna kehijauan. Masa pengeraman 30—35 hari.

Pada saat ini entok rimba sudah sangat sulit di­temukan dan merupakan jenis yang terancam kepu­nahan di antara keluarga Itik-itikan karena populasi­nya yang terus menurun. Penurunan populasi disebab­kan makin meningkatnya kegiatan penebangan hutan dan pembukaan lahan untuk pertanian sehingga ha­bitatnya semakin terganggu oleh manusia. Sebagai usaha untuk mencegah kepunahannya, entok rimba dimasukkan dalam daftar jenis burung yang dilindungi berdasarkan SK Menteri Pertanian tahun 1972.

Klasifikasi Ilmiah. Entok rimba termasuk suku Anatidae; nama jenisnya Cairina scutulata.

Incoming search terms:

  • arti entok mata merah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti entok mata merah