PENGERTIAN ENURESIS

10 views

Atau mengompol, buang air kecil yang terjadi pada waktu tidur, pada anak yang berumur di atas tiga tahun. Kebiasaan ini sering disebabkan oleh gangguan emosi atau kurangnya perhatian orang tua dalam melatih kebiasaan buang air kecil. Bayi baru lahir biasanya buang air kecil dengan spontan bila kandung kencingnya penuh. Mekanisme ini berupa re­fleks yang diatur oleh saraf spinal, tanpa kontrol dari ctak. Setelah anak menjadi besar dan mendapat latih­an untuk buang air kecil di tempatnya, akan timbul fungsi kontrol otak terhadap refleks tersebut baik pada waktu jaga maupun tidur. Fungsi kontrol ini biasa­nya terbentuk pada waktu anak berumur dua tahun, namun kadang-kadang diperlukan waktu yang lebih lama.

Anak yang mengompol biasanya telah merasa ber­salah, maka bila ia dihukum karena itu, hukuman ini akan semakin memperburuk gangguan emosinya. Bilaanak ini dibawa ke dokter, biasanya akan dicari ke­mungkinan adanya kelainan fisik yang mendukung timbulnya enuresis, misalnya: kelainan saluran ken­cing, infeksi kandung kencing, iritasi saluran kencing, dll. Minuman botol seperti coca-cola, cokelat, kopi, yang mengandung kafeina yang mempunyai efek di­uresis, sering pula menjadi penyebab enuresis bila di­minum sesaat sebelum tidur.

Untuk mencegah enuresis, anak perlu dilatih buang air kecil di tempatnya dan pada waktu-waktu terten­tu, misalnya sesaat sebelum tidur. Bila perlu, anak di­bangunkan pada jam tertentu dan dibawa ke kamar kecil segera setelah bangun pagi. Bila enuresis dise­babkan oleh gangguan psikis, masalah ini perlu di­atasi sambil menjalankan upaya-upaya tersebut.

Incoming search terms:

  • pengertian enuresis
  • definisi enuresis
  • arti enuresis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *