Advertisement

Berasal dari kata Yunani epidemios, yang artinya tersebar ke mancanegara. Istilah ini sering di­pakai dalam bidang kesehatan masyarakat untuk me­nunjukkan penyebaran penyakit yang cepat meluas dalam waktu singkat di suatu wilayah. Bila penyebar­an penyakit meluas sampai hampir atau ke seluruh be­nua, istilah yang dipakai ialah pandemi, yang dalam bahasa sehari-hari disebut wabah. Wabah penyakit se­ring kali mengakibatkan banyak korban mati. Seba­gai contoh, penyakit demam berdarah yang semula jarang ditemukan di suatu wilayah, tiba-tiba menja­di sangat sering terdapat di wilayah tersebut. Maka penyakit ini telah menjadi penyakit epidemis di wi­layah itu. Penyakit lain yang pernah menjadi epidemi antara lain kolera, malaria, dan cacar.

Luas dan lamanya epidemi suatu penyakit ditentu­kan oleh berbagai faktor, misalnya keganasan kuman penyebab penyakit, cara penularan, tingkat kekebal­an yang telah ada dan yang baru didapat, keadaan sa­nitasi lingkungan, dll. Dalam mengatasi masalah epi­demi penyakit, tindakan yang biasa dilakukan ada­lah memutuskan lingkaran hidup kuman penyebab. Upaya tersebut biasanya diikuti dengan upaya pen­cegahan bagi masyarakat yang belum terkena penya­kit, dan pengobatan yang tepat bagi mereka yang su­dah terkena penyakit.

Advertisement

Dengan berbagai upaya pencegahan seperti imuni­sasi, perbaikan sanitasi, penyemprotan pestisida, dan lain-lain, epidemi suatu penyakit dapat ditekan men­jadi sekecil mungkin. Di Indonesia, upaya pencegah­an ini banyak dilakukan pemerintah melalui puskes­mas. Puskesmas memberikan pelayanan imunisasi, perbaikan sanitasi, penyuluhan mengenai cara penu­laran penyakit, serta upaya pencegahannya, dll. Da­lam melaksanakan upaya pencegahan ini, masyara­kat pun ikut berperan serta, antara lain dalam wadah posyandu.

Dalam lingkup internasional, pemindahan epidemi suatu penyakit dari satu benua ke benua lainnya kadang-kadang sulit dicegah. Dengan kemajuan tek­nologi, mobilitas penduduk dunia semakin mening­kat. Selain itu, masa terbang suatu pesawat terbang dapat lebih cepat dari masa inkubasi suatu penyakit menular. Maka seseorang yang membawa kuman pe­nyakit menular masih mungkin lolos dari pemeriksaan dan dapat dengan cepat menularkannya kepada pen­duduk di bagian benua yang lain.

Incoming search terms:

  • pengertian epidemi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian epidemi