PENGERTIAN EPIDEMIOLOGI

33 views

Suatu cara untuk meneliti penye­baran penyakit atau kondisi kesehatan penduduk, ter­masuk faktor-faktor yang menyebabkannya. Pada awal mulanya epidemiologi hanya mempelajari ter­jadinya epidemi (wabah), namun dewasa ini epidemio­logi telah berkembang sebagai cara untuk meneliti se­mua peristiwa kesakitan dan kesehatan yang terjadi pada umat manusia.

Penyebaran penyakit atau kondisi kesehatan pen­duduk dikaitkan dengan saat kejadian, tempat keja­dian dan ciri-ciri penderitanya. Saat kejadian dapat melukiskan naik-turun atau fluktuasi penderita yang mengidap penyakit, atau urut-urutan terjadinya pe­nyakit dari waktu ke waktu. Tempat kejadian dapat dipakai sebagai perbandingan apabila terjadi jenis pe­nyakit yang sama di tempat yang berbeda. Ciri-ciri; penderita dapat berhubungan dengan kelamin (pria atau wanita), suku bangsa tertentu, agama tertentu, kebiasaan (perilaku) atau adat-istiadat yang berlaku- pada sekelompok penduduk.

Epidemiologi Deskriptif menggambarkan secara; rinci suatu masalah kesehatan. Misalnya, pada bulan Januari sampai April tahun 1988, atau pada musim penghujan, tercatat 6.387 penderita penyakit demaml berdarah yang dilaporkan oleh seluruh rumah sakij di Jakarta. Sebanyak 79 orang di antaranya meningV gal dunia. Penyakit ini menyerang baik pria maupun!^ wanita, anak-anak maupun orang dewasa, dan tidal® memandang tingkat sosial-ekonomi penduduk. nyakit virus ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypm yang berkembang biak di dalam air jernih yang biasa-; nya terdapat pada kaleng-kaleng bekas berisi air hujan, atau bak penampungan air di dalam rumah. Untuk memberantas penyakit ini, penduduk perlu disa­darkan agar mau melakukan pembersihan sarang nyamuk dan menyehatkan lingkungan pemukiman. Epidemiologi Analitik menerangkan hubungan sebab-akibat suatu peristiwa kesakitan. Contohnya», pada kelompok orang yang merokok ternyata kanker paru-paru-iebih banyak ditemukan, dibandingkan de­ngan kelompok orang yang tidak merokok. Makin ba­nyak rokok yang diisap seseorang, makin besar ke­mungkinannya untuk terjangkit kanker paru-paru. Di dalam asap rokok ditemukan zat yang dapat menim­bulkan kanker paru-paru.

Epidemiologi Eksperimen bertujuan membuktikan hubungan sebab-akibat, yang mula-mula hanya du­gaan atau hipotesis saja. Cara pembuktiannya cukup rumit karena perlu memperhatikan semua faktor yang mungkin berperanan dalam hubungan sebab-akibat itu. Teknik perhitungan statistik dipakai agar upaya pembuktian selalu didasarkan pada kesimpulan yang bermakna dan dapat dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *