PENGERTIAN EPISTAKSIS

70 views

Istilah kedokteran untuk perdarahan hidung atau mimisan. Bergantung pada penyebabnya, epistaksis dapat ringan atau berat, dan dapat berakhir cepat atau lambat, misalnya sampai beberapa hart hingga membahayakan hidup.

penyebab epistaksis sangat beraneka ragam. Pada anak-anak, perdarahan hi­dung sering disebabkan oleh benturan pada hidung, maniknya benda asing ke dalam hidung, dan proses peradangan. Pada usia lan­jut, epistaksis dapat dise­babkan penyakit tekanan darah tinggi, infeksi ginjal, tumor di dalam rongga da­da, dan perlukaan atau po­lip hidung. Epistaksis dapat pula timbul sebagai akibat dai kelainan pembekuan darah, misalnya hemofili, kebiasaan mengorek hi­dung yang berlebihan, dan demam tinggi yang men­dadak. Penyebab-penyebab yang terakhir ini dapat terjadi pada semua umur.

Epistaksis yang ringan dapat diatasi sendiri di ru­mah. Pertolongan pertama yang perlu dilakukan ada­lah mendudukkan penderita sambil memberikan kom­pres dingin pada hidung. Bila penderita mengulum es dan menekan hidungnya, biasanya perdarahan akan lebih cepat berhenti. Bila dengan tindakan-tindakan tersebut perdarahan hidung masih tetap berlangsung, diperlukan pertolongan medis. Pada masyarakat Ja­wa, secara tradisional epistaksis diatasi dengan me­nyumbat hidung dengan daun sirih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *