PENGERTIAN ERGONOMI

5 views

Berasal dari kata Yunani ergos (be­kerja) dan nomos (hukum alam), ialah ilmu yang mem hajari kaitan antara manusia dan lingkungan kerjanya. Istilah lain yang dianggap sinonim dengan ergonomi, yang disebut juga ergonomika, adalah ke- rekayasaan faktor-faktor manusia, biomekanika, psikologi kerekayasaan, psiko-teknologi, psikologi eksperimen terapan. Kerekayasaan faktor-faktor ma­nusia merupakan istilah yang digunakan di Amerika Utara. Di tempat lain di dunia digunakan istilah ergonomi.

Ergonomi menggabungkan ilmu-ilmu biomedis (anatomi, fisiologi, dan antropometri), psikologi, dan keahlia n teknik dalam desain mesin, desain peralatan, desain metode kerja dan lingkungan kerja untuk men­jamin kesehatan, keselamatan dan kepuasan kerja ma­nusia. Dengan kata lain ergonomi adalah pengetahuan yang dikembangkan untuk memanusiamkan ling­kungan kerja, dengan tujuan meningkatkan produk­tivitas.

Penelitian ergonomi sebagai teknologi rancangan kerja didasarkan pada ilmu-ilmu biologi manusia, yaitu: anatomi, yang memperhatikan struktur badan (besarnya dan bagaimana ia terbentuk); fisiologi, yang memperhatikan fungsi badan (proses-proses biologis yang mempertahankannya dan cara kerjanya; antro­pometri, yang memperhatikan ukuran tubuh; dan psi­kologi, yang memperhatikan perilaku manusia (ja­waban-jawaban adaptif organisme terhadap ling­kungannya). Selain memperhatikan ilmu-ilmu biologi manusia, penelitian ergonomi juga meliputi bidang lain, misal­nya: keahlian teknik; kondisi lingkungan yang dapat merugikan kesehatan dan mencederai karyawan; kon­disi teknis fisik yang dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *