PENGERTIAN ES KERING

123 views

Terjemahan harfiah dari dry ice. Isti­lah ini merupakan nama lazim di negeri Barat untuk karbon dioksida padat. Sebutan es kering ini diberi­kan karena pada tekanan biasa karbon dioksida pa­dat langsung menguap tanpa meleleh bila dipanaskan di atas —78°C.

Es kering merupakan pendingin yang baik dan ba­nyak digunakan untuk mendinginkan makanan pada waktu diangkut pada jarak jauh. Es kering lebih baik daripada es, karena lebih dingin dan lebih padat. Es kering tak cepat menguap habis karena diselubungi oleh gas karbon dioksida yang berperanan sebagai pe­nyekat panas.

Es kering yang dicampur dengan pelarut organik seperti eter, kloroform, atau aseton, akan mengha­silkan cairan bersuhu — 77°C. Cairan ini digunakan sebagai penangas {bath) dalam laboratorium. Es ke­ring juga digunakan untuk membuat minuman dingin berkarbonat, dan untuk membuat atmosfer tanpa oksigen. Pada pergelaran musik rock, es kering sering dipakai untuk menimbulkan efek seolah-olah penya­nyi berada di awan.

Karbon dioksida disimpan dan dikirim dalam ben­tuk cair dalam tangki bertekanan 75,2 kilogram per sentimeter persegi (73 atmosfer). Untuk memproduksi es kering, karbon dioksida cair ini dibiarkan menguap mendadak ke tekanan normal lewat kantung ber­lubang-lubang. Karena penguapan yang membutuh­kan kalor itu berlangsung mendadak, kalor tak sem­pat diserap dari luar sehingga harus diambil dari diri­nya sendiri, maka sebagian karbon dioksida akan membeku menjadi pipihan mirip salju, namun ber­suhu -78,5°C. Serpihan ini dikumpulkan dan dipa­datkan menjadi berbentuk bata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *