PENGERTIAN ES

338 views

Adalah bentuk padat dari air. Di alam, es ter­dapat dalam bentuk salju, hujan es, dan gletser. Es tidak berwarna dan sangat jernih. Kristal-kristal hek­sagonalnya dapat diamati dengan mudah dalam ke­pingan salju dan embun beku pada kaca jendela. Air membeku pada 0°C. Waktu membeku, air memuai dan memberikan tekanan terhadap tempat penyim­panannya. Karena memuai, kerapatan es menjadi le­bih kecil daripada air; oleh sebab itulah gunung es terapung di air.

Es digunakan untuk mendinginkan berbagai barang agar tidak busuk, misalnya daging, ikan laut, dan sa­yuran. Kadang-kadang es digunakan untuk mendi­nginkan campuran beton yang siap tuang, karena be­ton panas akan terlalu cepat mengeras sehingga tim­bul retakan. Es juga dapat digunakan sebagai perto­longan pertama pada luka untuk menghentikan pen­darahan dan mengurangi pembengkakan.

 

Produksi Es

Di rumah, es dibuat dalam kulkas. Dalam bidang industri, es diproduksi sebagai es ba­lok maupun es gerus. Untuk pembuatan es gerus ini, lempeng baja nirkarat yang ditaruh vertikal didingin­kan sampai di bawah 0°C. Pada satu sisi disemprot­kan air sangat dingin sehingga air ini akan membeku pada permukaan lempeng iiu. Facfalisi yang”ialn di. semprotkan air yang tak terlalu dingin. Semprotan ini akan menyebabkan lapisan es terlepas dari lempeng dan jatuh pada pengumpul di bawah lempeng. Es ini digerus dan dijual sebagai es pecah.

Es balok dibuat dengan mendinginkan air yang ditaruh dalam wadah-wadah cetakan yang dibenamkan dalam air garam. Air garam ini didinginkan oleh kum­paran yang berisi refrigeran (zat cair pendingin). Se­telah air membeku, sebagai ganti refrigeran dialirkan uap amonia panas ke dalam kumparan itu. Ini akan menghangatkan air garam, dan sedikit melelehkan es dalam wadah cetakan, sehingga es itu mudah dilepas­kan.

Pada alat yang lebih modern, air garam tidak lagi digunakan. Air dibekukan dalam pipa baja nirkarat panjang yang ditaruh vertikal dan dililit oleh kum­paran refrigeran. Air dingin dialirkan ke dalam pipa itu. Setelah air ini membeku, refrigeran digantikan oleh gas amonia panas, sehingga bagian luar kolom es mencair dan kolom es itu turun. Es ini dipotong- potong.

Incoming search terms:

  • pengertian es
  • pengertian air es
  • definisi es
  • pengertian es balok
  • arti es
  • pengertian air dingin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *