PENGERTIAN ETIKA LINGKUNGAN

293 views

Adalah etika yang dimiliki manusia sebagai salah satu pengada di alam, yang dianggap memiliki kedudukan lebih tinggi di antara pengada lainnya, dalam memandang keberadaan di­rinya maupun pengada di luar dirinya, di alam se­mesta. Etika ini mengacu pada etika ekologi, atau etika yang didasarkan pada prinsip ekologi. Di dalam­nya dinyatakan, bahwa kegiatan di dunia saling ber­kaitan dan bergantung satu sama lain.

Penggalian kembali landasan-landasan etika dila­kukan karena landasan etis lama yang bersifat antro- pologis atau humanistis dianggap memenangkan ke­pentingan manusia, sehingga dituduh sebagai “chau- vinisme spesies” (manusia) atau “egoisme spesies”. Pandangan ini kemudian dialihkan pada landasan etis baru, yaitu etika ekosistemik atau etika planeter.

Dalam menilai atau memilih etika yang dijadikan pegangan dalam bertmdak, dapat dilihat landasan- landasan etis yang ada, seperti egoisme, humanisme atau personalisme, vitalisme, dan altruisme planeter. Dari landasan etika ini, altruisme planeter dianggap cukup memadai sebagai landasan etika lingkungan. Altruisme planeter menganggap apa saja di alam se­mesta ini memiliki relevansi moral secara hakiki, ti­dak hanya yang insani, hewani, dan nabati, tetapi ju­ga pengada ragawi semata.

Landasan altruisme planeter memiliki dua subtipe, yaitu yang berpandangan holistik dan nonholistik. Altruisme planeter holistik dianggap paling sesuai se­bagai landasan etika lingkungan dengan alasan, bah­wa yang memiliki relevansi moral hakiki bukan tiap- tiap pengada, termasuk orang per orang, melainkan alam sebagai suatu keseluruhan dan sebagai sistem yang mampu memelihara integritas, stabilitas, dan keindahannya. Pada hakikatnya, apapun landasan etika yang dipilih, tetap diperlukan kelengkapan informasi sebagai unsur mutlak dalam pertimbangan moral.

Informasi praktis yang terjadi sekarang adalah le­dakan jumlah penduduk dan peningkatan kemampuan teknologi dalam memproduksi barang-barang bagi pe­menuhan kebutuhan manusia. Hal ini mengakibatkan penggunaan sumber daya meningkat sangat pesat. Pe­ningkatan tersebut terutama terjadi pada sumber daya alam tak terbarui yang memiliki keterbatasan. Dengan demikian tidak mungkin dilakukan penggunaan sum­ber alam tersebut secara besar-besaran, karena dapat merusak kehidupan. Untuk itu diperlukan strategi ba­ru dalam mengkonsumsi sumber daya alam, antara lain dengan (1) melindungi (konservasi) atau mengu­rangi penggunaan sumber daya alam tak terbarui, (2) menggunakan kembali dan mendaur ulang materi, (3) menggunakan sebanyak mungkin sumber daya alam terbarui sebagai ganti yang tak terbarui.

Tujuan tersebut dapat dicapai, antara lain melalui politik, ekonomi, ilmu dan teknologi, serta etika. Po­litik dan sistem penghargaan dapat ikut memperce­pat maupun memperlambat perubahan, sedangkan etika diharapkan dapat mengubah nilai atau norma yang berlaku saat ini terhadap sumber daya alam.

Jika dasar-dasar ekologi, yaitu ilmu tentang rumah tangga alam, dan ekonomi, yaitu pengelolaan rumah tangga manusia, dapat disatukan, ditambah dengan etika, dan dilengkapi dengan asas-asas lingkungan ser­ta nilai-nilai manusia, mungkin akan dicapai suatu ke­hidupan yang lebih layak, sejahtera, merata, dan ber­kelanjutan. Teknologi yang digunakan adalah tekno­logi tepat guna yang menggunakan peralatan kecil dan sedang, serta bermetoda produksi yang menggunakan energi dan materi secara bijaksana, sekaligus sesedi­kit mungkin menimbulkan pencemaran.

Untuk mengubah kebiasaan dan pemikiran-pemi­kiran yang ada sekarang, dibutuhkan program jang­ka panjang. Begitu pula untuk membentuk usaha yang terorganisasi baik di seluruh dunia agar dapat meng­hasilkan dan melaksanakan peraturan-peraturan hi­dup di alam yang terbatas, serta menghasilkan ino­vasi sosial bersamaan dengan inovasi teknologi, di­perlukan tenaga, waktu, dan biaya yang besar. Teta­pi kesadaran akan lingkungan hidup dan kerja sama seluruh umat manusia merupakan tujuan mulia bagi kelangsungan kehidupan itu sendiri.

Incoming search terms:

  • pengertian etika lingkungan
  • etika lingkungan adalah
  • etika lingkungan
  • jelaskan pengertian etika lingkungan
  • definisi etika lingkungan
  • apa yang dimaksud dengan etika lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *