PENGERTIAN ETIOLOGI KELOMPOK PENCEMAS/KETAKUTAN

Hanya terdapat sedikit data mengenai gangguan kepribadian dalam kelompok ini. spekulasi terfokus pada hubungan orang tua-anak. Contohnya, ada pendapat bahwa gangguan kepribadian dependen diakibatkan oleh pola asuh yang terlalu melindungi dan otoriter yang menghambat perkembangan perasaan self-efficacy.

Gangguan kepribadian dependen juga merupakan refleksi dari suatu hal yang disebut masalah kelekatan. Kelekatan telah diteliti oleh para psikolog perkembangan dan dianggap penting bagi perkemb.angan kepribadian. Pemikiran dasarnya adalah bayi membentuk kelekatan dengan orang dewasa dan menggunakan orang dewasa tersebut sebagai titik aman yang kemudian dari sana ia dapat mengeksplorasi serta mengejar tujuan lain. Berpisah dari orang dewasa tersebut menimbulkan kemarahan dan kesedihan. Seiring dengan perkembangan dirinya, si anak semakin kurang bergantung pada sosok lekat untuk memperoleh rasa aman. Perilaku lekat abnormal yang terdapat dalam kepribadian dependen mungkin mencerminkan suatu kegagalan dalam proses perkembangan umum karena terganggunya hubungan orang tua-anak yang disebabkan oleh kematian, pengabaian, penolakan, atau terlalu melindungi. Orangorang yang mengalami gangguan kepribadian dependen melakukan sejumlah taktik, yang sebenarnya diciptakan untuk mempertahankan hubungan dengan orang tua mereka, untuk mempertahankan hubungan dengan orang lain dengan cara apa pun—contohnya, selalu setuju dengan mereka. Hampir seperti rasa takut dan fobia, gangguan kepribadian menghindar dapat mencerminkan pengaruh lingkungan di mana si anak diajan untuk takut pada orang lain dan situasi yang sebagian besar di antara kita menganggapnya tidak berbahaya. Contohnya, salah satu orang tua si anak mungkin ketakutan yang sama, yang kemudian ditularkan melalui modeling. Alternatif lain fakta bahwa gangguan kepribadian menghindar dialami lebih dari satu anggota keluarg dapat mengindikasikan adanya peran diathesis genetik.

Karakteristik gangguan kepribadian obsesif-kompulsif menurut Freud disebabkatoleh fiksasi pada tahap anal dalam perkembangan psikoseksual. Berbagai teor-psikodinamika yang lebih kontemporer menekankan pada ketaku tan kehilangan kendali, yang diatasi dengan kompensasi berlebihan. Contohnya, seorang yang gila kerja kompulsif merasa takut hidupnya akan berantakan jika ia membiarkan dirinya rileks dan bersenang-senang.

Filed under : Bikers Pintar,