Advertisement

Mata uang dolar yang disimpan di bank di iuar Amerika. Pemilik eurodollar dari kata Europa dan dollar dapat penduduk maupun bukan penduduk Amerika. Bank yang mau menerima depo­sito semacam ini disebut Eurobank. Istilah “euro” se­benarnya sudah tidak tepat lagi karena bank-bank yang menerima deposito semacam ini tidak lagi ter­batas di London dan Eropa, melainkan sudah terse­bar ke seluruh dunia. Negara-negara Karibia merupakan pusat eurodollar untuk dunia bagian barat, sedangkan Singapura untuk Asia.

Pasar eurodollar pada akhir tahun 1950-an berkem- ‘ bang menjadi tulang punggung sistem mono dunia selama dekade terakhir. Hal ini terjadi dianggap lebih praktis dibandingkan dengan pa­sar tradisional. Pada pasar tradisional, jika orang Inggris membutuhkan pinjaman dolar, dia harus ma­suk ke pasar New York. Dengan adanya eurodollar, orang tersebut dapat memperoleh pinjaman dolar di bank-bank London atau di tempat-tempat lain di se­luruh dunia. Pasar eurodollar telah menjadi alat yang dominan bagi arus modal internasional.

Advertisement

Perluasan pasar eurodollar makin menonjol dalam tahun 1970-an, ketika sejumlah anggota OPEC mu­lai mengantungi surplus neraca pembayaran mereka yang besar sekali. Sebagian surplus ini memperoleh “tempat parkir” dalam pasar eurodollar dan sering disebut juga “petrodollar.”

Petrodollar menjadi salah satu wahana investasi yang penting untuk para eksportir minyak negara- negara Timur Tengah. Umumnya Eurobank mena­warkan bunga yang menarik baik bagi pemegang de­posito maupun peminjam, karena biaya operasi un­tuk ini rendah. Rendahnya biaya operasi ini disebab­kan karena tidak banyaknya peraturan pemerintah yang harus ditaati.

Transaksi eurodollar biasanya cukup besar, bah­kan untuk ukuran negara berkembang sangat besar dan jarang sekali kurang dari 500.000 dolar AS. Kri­tik tajam atas pasaran eurodollar adalah bahwa pa­saran tersebut telah berubah menjadi sumber utama spekulasi mata uang yang dapat menggoyahkan ke­stabilan nilai tukar. Dari sumber ini dapat diperoleh pinjaman mata uang yang lemah, seperti dolar Ame­rika untuk membiayai spekulasi mata uang yang kuat..

Incoming search terms:

  • pengertian eurodollar market
  • pengertian petrodollar
  • yang merupakan eurodollar

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian eurodollar market
  • pengertian petrodollar
  • yang merupakan eurodollar