Advertisement

Peristiwa menguapnya air dari dalam tanah ke udara melalui tumbuh-tumbuhan. Banyaknya evapotranspirasi bergantung pada kadar kelembapan tanah dan jenis tumbuhan. Jika dalam tanah tersedia cukup banyak air, evapotranspirasi ter­jadi dengan kecepatan, disebut evapotranspirasi po­tensial. Besarnya nilai evapotranspirasi sangat dipe­ngaruhi oleh suhu air dalam tanah, suhu udara, ke­lembapan udara, kecepatan angin, tekanan udara, dan sinar matahari.

Besarnya evapotranspirasi dapat diartikan sebagai kebutuhan air suatu daerah. Pengukurannya merupa­kan faktor dasar untuk menentukan kebutuhan air dalam perencanaan irigasi. Di samping itu evapotranspisi juga merupakan proses penting dalam siklus hi­drologi.

Advertisement

Evapotranspirasi dinyatakan dalam milimeter. Alat pengukurnya adalah Evapotranspirometer dan Lysi­meter. Evapotranspirometer digunakan untuk meng­ukur evapotranspirasi potensial. Alat ini berupa tangki yang ditanam di dalam tanah dan permukaannya di­tutupi tumbuhan. Pengukurannya dilakukan dengan menyiramkan air secukupnya ke atas tumbuhan, dan ken ‘dian mengukur air yang merembes keluar dari dasi tangki. Selisih antara air yang dituang dan air yang keluar adalah nilai evapotranspirasi. Lysimeter digunakan untuk mengukur evapotranspirasi yang se­benarnya. Lysimeter sederhana berbentuk kubus de­ngan ukuran sisi satu meter. Dinding sampingnya di­buat dari bahan-bahan yang permeabel, seperti pasir dan kerikil. Pada bagian dasar dipasang alat untuk mengukur volume air yang merembes ke luar. Bagian atas lysimeter ditutup dengan tumbuhan dan tanah. Tanah yang digunakan kondisinya harus sama dengan tanah daerah yang bersangkutan. Pada dasarnya be­sar evapotranspirasi adalah selisih antara curah hu­jan, air yang disiramkan, dan air yang merembes dari dasar.

Incoming search terms:

  • pengertian lysimeter
  • penjelasan lysimeter
  • pengertian Lyisimeter
  • deskripsi dari alat evapotranspirometer

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian lysimeter
  • penjelasan lysimeter
  • pengertian Lyisimeter
  • deskripsi dari alat evapotranspirometer