PENGERTIAN EVOLUSIONISME ABAD KEDUA PULUH ADALAH

54 views

PENGERTIAN EVOLUSIONISME ABAD KEDUA PULUH ADALAH – `Kemajuan’ dan `arah’ adalah dua isu yang terkait dengan evolusi_sasial. Sementara kita dapat menengok ke belakang dan mempdajari arah, kita tak pernah yakin akan masa depan. Antropolog berhati-hati untuk tidak menyamakan evolusi dengan kemajuan. Evolusi sosial tampaknya maju dari kurang kompleks menjadi lebih kompleks, dari kurang efisien menjadi lebih efisien, dari menggunakan sedikit energi menjadi lebih banyak energi. Tetapi, kadang-kadang sistem. sosial juga merosot setelah mencapai puncak— Kekaisaran Romawi, peradaban Maya, peradaban Mesir dan Babilonia, kerajaan-kerajaan di Afrika Barat adalah contoh-contoh yang penting (Tainter, 1991; Sabloff, 1991). Hingga kini manusia mengalami kesukaran untuk memprediksi atau bahkan menentukan arah evolusi mereka, meskipun evolusi sosial itu terbatas dan tidak acak. Ecjadian sosial yang kebetulan maupun yang deterministik adalah dua aosur yang tak dapat dipisahkan dalam proses evolusi sosial. Meskipun Iketas-batas masa lampau dan kini dapat diketahui, masa depan evolusi 11115ial justru tidak.

Kita biasanya berpikir mengenai teori sebagai seperangkat proposisi amum yang menjadi landasan bagi dibangunnya dan diujinya hipotesis-iipotesis spesifik. Evolusi tidak bisa diuji. Evolusi bisa diamati dan diriparkan. Evolusi bisa menjadi orientasi maupun filosofi. Evolusi tidak abeRunjfikkan mengapa variabel-variabel tertentu mengembangkan emampuan kita untuk memprediksi perubahan atau arahnya. Kategorikategori yang digunakan untuk menggolongkan masyarakat pada skala evolusioner bervariasi menurut pandangan orang yang menggolongkan. Setiap penggolongan akan menunjukkan pola transformasionalnya sendiri. Orang bisa memilih untuk menggolongkan masyarakat atas dasar penggunaan energi atau tingkatan teknologi, derajat urbanisasi, tingkat kierarki politik, keberadaan kelas, atau mode subsistensi dan produksi. Setiap klasifikasi menunjukkan pandangannya sendiri.

Evolusi sosial berbeda dari evolusi biologi karena evolusi sosial eneliputi upaya disengaja, revolusi, tuntutan kepentingan, dan pilihan-pilihan. Kendati evolusi sosial dan alamiah menggambarkan kesamaan-lesamaan, seperti variasi, adaptasi, retensi, reproduksi, dan arah —kesamaan-kesamaan proses—keduanya berbeda dalam isi. Evolusi sosial terjadi melalui proses belajar yang disadari maupun tidak disadari, yang berbasis bahasa dan kebudayaan yang diperoleh (dicapai).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *