Advertisement

Suatu penyakit parasit pada hewan yang disebabkan oleh cacing daun Fasciola hepatica. Cacing daun ini tersebar luas di berbagai negara yang memelihara kambing dan ternak secara besar-besaran. Kadang-kadang manusia dapat tertulari penyakit ini bila makan makanan seperti selada air atau minum air yang mengandung larva dalam bentuk kista. Pa­da hewan, infeksi akan didapat bila mereka makan rumput-rumputan rendah yang lembap dan terkon­tan masi larva cacing. Lihat juga Cacing Daun.

Gejala faseioliasis bergantung pada hebat dan lama­nya infeksi. Seekor cacing, yang berukuran (20—30) x (8—13) milimeter dapat menimbulkan gejala he­bat bila menimbulkan sumbatan pada saluran empe­du. Cacing dapat pula menyebabkan timbulnya reaksi peradangan, perubahan jaringan pada hati, dll. Se bagai akibatnya, timbul gejala sakit kepala yang he­bat, demam, biduran, dan nyeri pada daerah hati. Bila

Advertisement

infeksi berlanjut, akan terjadi pembesaran hati yang lunak, ikterus, gangguan pencernaan, diare, dan anemia. Cacing dewasa diduga makan 0,2 mililiter da­rah per hari. Cacing muda dapat menyerang organ- organ lain, misalnya jantung, bola mata, paru-paru, dan jaringan di bawah kulit. Pada binatang, penyakit ini dapat diobati dengan karbon tetraklorida dan eleoresin aspidium, yang membunuh cacing dewasa tetapi tidak membunuh ca­cing muda pada saluran empedu di hati. Pada manu­sia, obat yang dipakai biasanya diklorofenol atau emetin. Pencegahan infeksi pada manusia adalah dengan menghindarkan makan sayuran hijau yang mentah.

FASCIOLOPSIS. Lihat Cacing Daun.

Incoming search terms:

  • apa yg dimaksud fascioliasis
  • fasciolasis arti

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa yg dimaksud fascioliasis
  • fasciolasis arti