Advertisement

Suatu ilusi dari tanah atau air yang sebenarnya tidak ada. Biasanya gejala ini mun­cul di dekat cakrawala dan disebabkan oleh pembiasan oleh lapisan-lapisan udara. Yang paling umum ada­lah fatamorgana air yang telah menipu begitu banyak penjelajah gurun. Fatamorgana ini terjadi di atas ta­nah yang lebih hangat dari udara di atasnya. Udara yang lebih hangat mempunyai rapatan yang lebih ren­dah. Cahaya merambat lebih cepat dalam udara yang lebih rendah rapatannya, yang berada di dekat per­mukaan tanah, daripada dalam lapisan udara di atas­nya. Akibatnya, cahaya dibelokkan ke atas. Cahaya dari langit tampak seakan datang dari bawah cakra­wala, sehingga timbul ilusi adanya danau atau paya. Gejala yang lazim dijumpai adalah tampaknya air ge­nangan di atas aspal jalan pada suatu siang yang te­rik. Fatamorgana jenis ini juga terjadi di atas tanah yang lebih hangat daripada udara di atasnya.

Fatamorgana yang lebih jarang adalah pengaruh yang disebut looming (penimbulan). Lapisan udara di atas lebih jarang dibandingkan dengan lapisan di de­kat permukaan; cahaya yang terpantul ke atas oleh objek yang jauh akan dibelokkan ke bawah. Akibat­nya objek-objek sepanjang cakrawala terangkat, dan sebuah kapal di balik cakrawala yang seharusnya ti­dak tampak bahkan terlihat seakan-akan tergantung terbalik di udara.

Advertisement

Fatamorgana yang lebih jarang lagi adalah fatamor­gana dalam cerita, yang merupakan ilusi dari puri. Ini terjadi dalam peralihan antara kedua jenis pembiasan yang dijelaskan di atas. Bila cakrawala terlihat gan­da dan objek-objek di dekatnya tampak menjadi le­bih panjang secara vertikal, sehingga tampak bentuk tiang-tiang yang berubah-ubah, aneh, dan tidak tetap.

Incoming search terms:

  • pengertian fatamorgana
  • pengertian patamorgana
  • penqertian dinamis

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian fatamorgana
  • pengertian patamorgana
  • penqertian dinamis