PENGERTIAN GANGGUAN ANXIETAS

66 views

PENGERTIAN GANGGUAN ANXIETAS – Mencakup beberapa ketakutan irasional atau berlebihan sebagai gangguan utama. Individu yang mengalami fobia memiliki ketakutan yang sangat besar terhadap suatu objek atau situasi sehingga mereka harus menghindarinya, walaupun mereka mengetahui bahwa ketakutan mereka tidak berdasar dan tidak beralasan serta mengganggu kehidupan mereka.
• Seseorang yang mengalami gangguan obsesif-kompulsif memiliki obsesi atau kompulsi yang menetap. Obsesi adalah pikiran, ide, atau citra yang terus-menerus berulang yang secara tidak terkendali mendominasi kesadaran seseorang. Kompulsi adalah dorongan untuk melakukan tindakan stereotip dengan tujuan yang umumnya tidak realistik yaitu menghilangkan situasi yang menimbulkan ketakutan. Upaya menolak kompulsi menimbulkan ketegangan yang sangat besar sehingga individu biasanya menyerah dan melakukannya.
• Mengalami kecemasan dan ketumpulan emosi setelah mengalami suatu peristiwa yang sangat traumatik disebut gangguan stres pascatrauma. Individu mengalami ingatan yang menyakitkan dan mengganggu pada siang hari dan mimpi buruk pada malam hari. Mereka sulit berkonsentrasi dan merasa terpisah dari orang lain dan berbagai peristiwa yang sedang berlangsung.
• Gangguan stres ahut sama dengan gangguan stres pascatrauma, namun simtom-simtomnya berlangsung lebih sebentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *